Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Hama yang Bisa Dibasmi Pakai Baking Soda dan Caranya

Kompas.com - 21/12/2023, 08:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Baking soda atau soda kue tidak hanya dapat digunakan untuk membuat kue, namun juga dapat digunakan sebagai produk pembersih. Namun, Anda juga bisa menggunakan baking soda untuk membasmi hama.

Dikutip dari House Digest, Kamis (21/12/2023), bagi sebagian hama, baking soda bersifat mematikan, sedangkan bagi hama lainnya, baking soda hanya berfungsi sebagai pencegah.

Jika Anda menggunakan baking soda di kebun, berhati-hatilah saat mencampurkannya dengan air dan mengaplikasikannya di sekitar tanaman. Hal ini karena larutan dapat mengubah tingkat pH tanah sehingga menjadi terlalu basa bagi beberapa jenis tanaman.

Baca juga: 4 Hewan yang Bisa Mengendalikan Hama dengan Aman

Ilustrasi baking soda.Shutterstock/ThamKC Ilustrasi baking soda.

Namun, senyawa tersebut biasanya tidak akan merusak kebun jika Anda menggunakannya dalam jumlah sedikit. Faktanya, beberapa tanaman sebenarnya bisa mendapatkan manfaat dari sedikit baking soda.

Menurut PetMD, baking soda juga aman untuk anak-anak dan hewan peliharaan, karena hanya menimbulkan kekhawatiran jika tertelan dalam jumlah besar.

Berikut beberapa hama yang bisa dibasmi pakai baking soda dan caranya.

1. Kelabang

Kelabang tertarik pada tempat lembap dan tersembunyi seperti saluran air dan tumpukan dedaunan. Oleh karena itu, kelabang mungkin ditemukan bersembunyi di kamar mandi atau wastafel.

Baca juga: 8 Tanaman Pendamping Terbaik untuk Selada, Jauhi Hama dan Penyakit

Menaburkan soda kue pada karpet sebelum menyedot debu dapat menghilangkan kelembapan berlebih di rumah yang menjadi daya tarik kelabang.

Jika kelabang merayap melalui pipa, Anda memerlukan setengah cangkir soda kue dan 1 cangkir cuka putih. Tuangkan kedua bahan ini ke saluran air secara terpisah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com