Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Membasmi Hama di Rumah dan Tanaman Pakai Petroleum Jelly

Kompas.com - 20/06/2023, 13:26 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak hanya menghaluskan kulit kering, petroleum jelly memiliki banyak kegunaan di rumah, termasuk membasmi hama serangga di rumah dan tanaman. Anda bisa menggunakan petroleum jelly untuk mengusir semut, kutu busuk, hingga siput.

Manfaat ini sebagian besar berkaitan dengan tekstur petroleum jelly, dan bukan dengan toksisitas apa pun.

Dikutip dari House Digest, Selasa (20/6/202), berikut beberapa cara menggunakan petroleum jelly untuk membasmi hama di rumah dan tanaman.

Baca juga: 6 Manfaat Madu untuk Tanaman, Jadi Pupuk hingga Basmi Hama

Ilustrasi petroleum jelly. SHUTTERSTOCK/TOWFIQU AHAMED BARBHUIYA Ilustrasi petroleum jelly.

1. Gunakan pada batang tanaman untuk membasmi hama

Mengaplikasikan petroleum jelly pada batang tanaman dikatakan dapat mencegah serangga melata seperti kutu daun, sisik, semut, earwigs, dan banyak lagi. Serangga dan hama lainnya, seperti kutu daun dan earwigs, akan tersangkut jika mereka mencoba memanjat tanaman.

Ada beberapa hal penting yang perlu diingat. Serangga seperti kutu daun sering memiliki lebih dari satu cara untuk berakhir di tanaman.

Anda mungkin menghentikan kutu daun yang memanjat batang, tetapi petroleum jelly tidak akan berpengaruh pada yang terbang masuk.

Selain itu, jangan gunakan petroleum jelly pada daun. Itu pasti akan menghancurkan daun, membuatnya tidak bisa bernapas, dan melapisi terlalu banyak daun akan membunuh seluruh tanaman.

Baca juga: 3 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Membasmi Hama di Rumah

Perhatikan juga frekuensi aplikasi ulang. Selain itu, perhatikan bahwa beberapa pengguna telah melaporkan kerusakan, atau pelemahan, batang tanaman setelah mengoleskan petroleum jelly.

Salah satu pendekatan dengan pohon adalah dengan menerapkan pita penghalang di sekitar batang, yang dapat diolesi lapisan petroleum jelly yang lengket.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com