Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Hama yang Bisa Dibasmi Pakai Baking Soda dan Caranya

JAKARTA, KOMPAS.com - Baking soda atau soda kue tidak hanya dapat digunakan untuk membuat kue, namun juga dapat digunakan sebagai produk pembersih. Namun, Anda juga bisa menggunakan baking soda untuk membasmi hama.

Dikutip dari House Digest, Kamis (21/12/2023), bagi sebagian hama, baking soda bersifat mematikan, sedangkan bagi hama lainnya, baking soda hanya berfungsi sebagai pencegah.

Jika Anda menggunakan baking soda di kebun, berhati-hatilah saat mencampurkannya dengan air dan mengaplikasikannya di sekitar tanaman. Hal ini karena larutan dapat mengubah tingkat pH tanah sehingga menjadi terlalu basa bagi beberapa jenis tanaman.

Namun, senyawa tersebut biasanya tidak akan merusak kebun jika Anda menggunakannya dalam jumlah sedikit. Faktanya, beberapa tanaman sebenarnya bisa mendapatkan manfaat dari sedikit baking soda.

Menurut PetMD, baking soda juga aman untuk anak-anak dan hewan peliharaan, karena hanya menimbulkan kekhawatiran jika tertelan dalam jumlah besar.

Berikut beberapa hama yang bisa dibasmi pakai baking soda dan caranya.

1. Kelabang

Kelabang tertarik pada tempat lembap dan tersembunyi seperti saluran air dan tumpukan dedaunan. Oleh karena itu, kelabang mungkin ditemukan bersembunyi di kamar mandi atau wastafel.

Menaburkan soda kue pada karpet sebelum menyedot debu dapat menghilangkan kelembapan berlebih di rumah yang menjadi daya tarik kelabang.

Jika kelabang merayap melalui pipa, Anda memerlukan setengah cangkir soda kue dan 1 cangkir cuka putih. Tuangkan kedua bahan ini ke saluran air secara terpisah.


Saat keduanya digabungkan, campuran tersebut akan melepaskan karbon dioksida yang dapat membasmi kelabang.

2. Ulat tanduk

Ulat tanduk suka memakan sayuran hijau, sehingga sayuran di kebun tidak aman dari hewan herbivora ini. Untuk membasmi ulat tanduk, Anda bisa menaburkan soda kue langsung ke tubuh atau telurnya untuk membunuhnya.

Campuran tepung dan soda kue dengan perbandingan yang sama juga menghasilkan solusi mematikan yang bisa Anda taburkan di sekitar halaman untuk mengusir ulat tanduk.

3. Tikus

Jika tikus menelannya, soda kue mematikan. Baking soda menciptakan penumpukan gas di tubuh tikus yang tidak dapat dihilangkan.

Anda harus mencampurkan soda kue dengan bahan manis untuk memikat tikus untuk memakannya. Campurkan soda kue, gula pasir, dan tepung atau tepung maizena dalam jumlah yang sama ke dalam wadah, lalu tambahkan air dan buat campuran tersebut menjadi bola-bola camilan.

Tinggalkan camilan di dekat tempat gelap yang disukai tikus untuk bersembunyi. Namun, jika Anda lebih suka mencegahnya, ada banyak cara untuk membasmi tikus secara manusiawi.

4. Kutu

Baking soda adalah salah satu cara terbaik untuk membasmi kutu di rumah. Garam dapat membuat serangga mengalami dehidrasi sehingga senyawa tersebut menjadi pestisida alami.

Namun, Anda juga memerlukan garam meja untuk membawa soda kue ke dalam tubuh kutu. Campuran keduanya akan berhasil.

Tuangkan campuran garam dan baking soda ke permukaan yang dipenuhi kutu, seperti karpet, untuk membunuhnya. Diamkan soda kue dan garam semalaman sebelum menyedot debu atau menyapu kotoran.

5. Kecoak

Kecoak menyukai tempat yang gelap dan lembap, tetapi mereka membenci soda kue. Anda memerlukan gula untuk mengubah soda kue menjadi pengusir kecoak yang efektif.

Campurkan 2 sendok makan gula pasir dan soda kue sebelum ditambahkan air hingga menjadi pasta, lalu letakkan di tempat yang sering terlihat kecoak. Gula akan memikat kecoak dan soda kue akan merusak sistem pencernaan mereka.

6. Siput

Soda kue berakibat fatal bagi siput, karena bubuknya mengeringkan tubuh mereka yang berlendir. Anda dapat membuat pembatas di sekeliling taman untuk mencegah siput memasuki atau menghentikan kelompoknya dengan menaburkan soda kue langsung ke tanaman tersebut.

Secara naluriah, siput mungkin masuk ke dalam cangkangnya. Jika itu terjadi, Anda bisa menambahkan sejumput baking soda ke dalam cangkang siput.

Namun, jika Anda tidak ingin membunuhnya, cobalah metode lain untuk mengusir siput dan siput dari kebun.

7. Semut

Buat jejak dengan baking soda di sekitar pintu dan kusen jendela untuk membuat penghalang yang tidak bisa dilintasi semut. Anda juga bisa mengubah soda kue menjadi campuran yang mematikan dengan menambahkan gula halus.

Seperti halnya kecoak, manisnya gula akan menarik semut masuk, sedangkan soda kue akan mengeluarkannya.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/12/21/080000076/7-hama-yang-bisa-dibasmi-pakai-baking-soda-dan-caranya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke