Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Membeli Slow Cooker

Kompas.com - 20/12/2023, 18:30 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber The Kitchn


JAKARTA, KOMPAS.com - Slow cooker adalah alat masak elektronik yang bisa mematangkan makanan pada suhu rendah dan dalam waktu yang lama.

Proses memasak yang lama membuat hasil masakan lebih lunak. Maka dari itu, slow cooker sangat cocok digunakan untuk memasak makanan bayi yang membutuhkan tekstur lembut dan lunak.

Baca juga: Slow Cooker Digunakan untuk Apa Saja? Ini Penjelasannya

Saat ini, sudah banyak produk slow cooker yang dijual dipasaran. Maka dari itu, sebelum membeli slow cooker, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan.

Dikutip dari The Kitchn, Rabu (20/12/2023), berikut ini hal yang harus dipertimbangkan saat membeli slow cooker.

Metode pemanasan

ilustrasi slow cookerShutterstock/Lighttraveler ilustrasi slow cooker

Umumnya, slow cooker memiliki alas yang bisa dilepa. Terkadang ada elemen panas yang berada di bawah. Nantinya, panas akan naik ke sisi alas slow cooker yang membuat panas lebih merata, sehingga makanan tidak perlu diaduk.

Namun, terkadang ada slow cooker yang hanya memiliki panci yang diletakkan di atas unik panas. Tipe ini membuat panas tidak terdistribusi secara merata dan membuat makanan harus rutin diaduk agar matang merata dan tidak gosong.

Baca juga: Apa Itu Slow Cooker dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Material panci

Material panci juga menjadi salah satu hal yang harus dipertimbangkan saat membeli slow cooker. Material panci slow cooker yang paling populer yaitu keramik dan porselen, walaupun ada juga yang terbuat dari logam. Semua material tersebut berfungsi untuk menghantarkan panas.

Namun, sebaiknya pilih slow cooker yang bagian pancinya bisa dilepas agar mudah dibersihkan. Sebaliknya, panci yang tidak bisa lepas akan sulit dibersihkan.

Bahan penutup

Saat menggunakan slow cooker, sebaiknya tidak membuka tutupnya karena akan membuat panas keluar dan waktu memasak menjadi lebih lama.

Oleh karena itu, sebaiknya pilih slow cooker yang penutupnya terbuat dari kaca, sehingga tidak perlu membuka penutup slow cooker untuk melihat makanan yang sedang dimasak.

Baca juga: Ketahui, Ini Perbedaan Pressure Cooker dan Slow Cooker

Bentuknya

memasak menggunakan slow cookerShutterstock/Lighttraveler memasak menggunakan slow cooker

Saat ini pilihan bentuk slow cooker sangat beragam, maka dari itu bentuk menjadi salah satu 

hal yang harus dipertimbangkan saat membeli slow cooker.

Sebaiknya, pilih bentuk slow cooker sesuai dengan bahan makanan yang akan sering dimasak. Jika slow cooker akan digunakan untuk memasak ayam utuh, daging, atau tulang, maka pilihlah slow cooker berbentuk oval.

Sementara itu, jika slow cooker digunakan untuk memasak kacang-kacangan, maka bentuk slow cooker apapun bisa dipilih.

Baca juga: 4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menggunakan Slow Cooker

Ukuran

Selain bentuk, ukuran juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan saat membeli slow cooker. Pilih ukuran slow cooker berdasarkan kebiasaan memasak.

Jika terbiasa memasak dalam porsi besar, maka sebaiknya pilih slow cooker yang besar. Sebaliknya. jika memasak dalam jumlah sedikit, pilih slow cooker yang ukurannya kecil.

Nah, itulah beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat membeli slow cooker. Pastikan membeli slow cooker sesuai dengan kebutuhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com