Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Microwave

Kompas.com - 23/09/2023, 12:50 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

 


JAKARTA, KOMPAS.com - Microwave menjadi salah satu perlengkapan elektronik yang ada di dapur. Fungsi utama dari peralatan dapur ini yaitu untuk memanaskan makanan.

Untuk sebagian orang, microwave menjadi perlengkapan dapur yang penting karena membuat pekerjaan di rumah menjadi lebih mudah dan praktis.

Namun, sebelum membeli microwave ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Dilansir dari Good Housekeeping, Sabtu (23/9/2023), berikut ini beberapa hal yang perlu diketahui sebelum membeli microwave.

Baca juga: 7 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Membeli Microwave

Jenis microwave yang akan dibeli

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum membeli microwave yaitu mencari informasi seputar jenis microwave. Secara umum, ada tiga jenis microwave yang beredar di pasaran yakni microwave meja, over the range, dan built in.

Microwave meja paling umum digunakan karena harganya terjangkau. Selain itu, kebanyakan orang menyukai microwave ini karena tidak membutuhkan instalasi tambahan karena lebih praktis.

Ilustrasi microwave. SHUTTERSTOCK/ANDREY_POPOV Ilustrasi microwave.

Cukup buka kemasan, sambungkan ke listrik, dan microwave sudah bisa digunakan. sementara itu, model built-in dan over the range harganya lebih mahal dan membutuhkan jasa profesional untuk memasangnya.

Akan tetapi, kedua jenis microwave ini mempunyai kemampuan menarik asap dan bau dari kompor tanam. Microwave ini juga bisa menyaring udara sebelum dibuang kembali ke dalam atau luar ruangan. Anda bisa memilih jenis microwave sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Akan Membeli Microwave Oven

Ukuran microwave

Ukuran juga menjadi hal yang perlu diketahui sebelum membeli microwave. Ukuran alat dapur ini bisa disesuaikan dengan ukuran dapur Anda.

Jika ruangan terbatas, maka dianjurkan untuk memilih microwave berukuran kecil. Dengan demikian, penempatan microwave tidak akan memakan banyak ruang.

Besaran daya

Sama seperti jenis dan ukuran, besaran daya microwave juga sangat beragam. Microwave berdaya 1000 watt sudah cukup efisien saat digunakan.

Sedangkan microwave berdaya 700 watt masih dinilai cukup lambat, sehingga membuat proses pemanasan makanan kurang merata. Semakin tinggi wattnya, maka semakin cepat waktu pemanasannya.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Microwave Mini bagi Pemula

Fitur dan spesifikasinya

Hal yang perlu diketahui sebelum membeli microwave yaitu fitur dan spesifikasinya. Setiap microwave memiliki spesifikasi dan fitur yang berbeda.

Anda perlu mempelajari terlebih dahulu fitur yang tersedia pada microwave yang hendak dibeli. Beberapa fitur dan spesifikasi yang perlu diperhatikan yaitu hemat listrik, fitur pengamanan untuk anak kecil, serta tombol dan informasi yang mudah dibaca.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com