Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/08/2023, 18:34 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Microwave adalah peralatan elektronik rumah tangga yang sangat bermanfaat. Akan tetapi, microwave tidak kebal terhadap makanan gosong atau tumpahan yang tidak disengaja, sehingga menimbulkan aroma yang tidak sedap.

Dilansir House Digest, Jumat (25/8/2023), daripada menggunakan pembersih kimia, bahan alami di dapur bisa membantu menghilangkan bau pada microwave. Anda bisa menggunakan ampas kopi.

Ampas kopi sering dibuang ini memiliki kemampuan menetralkan bau. Sifat dasar ampas kopi memungkinkannya menyerap aroma yang tidak diinginkan, menjadikannya solusi ramah lingkungan dan efektif untuk menyegarkan bagian dalam microwave.

Baca juga: Catat, 6 Wadah Makanan Ini Tidak Boleh Dimasukkan ke Microwave

Ilustrasi ampas kopi. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi ampas kopi.

Selain kemampuannya menetralkan bau, ampas kopi juga menawarkan manfaat lain. Ampas kopi dapat bersifat abrasif alami, membantu menghilangkan sisa makanan yang membandel tanpa menggores bagian dalam microwave.

Selain itu, dengan menggunakan ampas kopi, Anda memilih metode pembersihan berkelanjutan, mengurangi kebutuhan akan produk pembersih yang keras, dan meminimalkan paparan bahan kimia di dapur.

Cara menghilangkan bau pada microwave pakai ampas kopi

Menggunakan ampas kopi untuk menghilangkan bau pada microwave adalah metode yang ramah lingkungan dan efektif. Mulailah dengan mengumpulkan sekitar dua sendok makan ampas kopi bekas.

Pindahkan ampas kopi ke dalam wadah tahan microwave, seperti mangkuk atau cangkir, bersama dengan setengah cangkir air. Tempatkan wadah ini di dalam microwave dan atur ke daya tinggi.

Baca juga: Jangan Letakkan Microwave di 5 Tempat Ini di Dapur, Mengapa?

Panaskan selama kurang lebih dua sampai tiga menit hingga ampas kopi mengeluarkan aroma. Setelah ini, berhati-hatilah saat mengeluarkan wadahnya, karena mungkin masih panas.

Selesaikan proses dengan menyeka bagian dalam microwave secara perlahan menggunakan kain lembab, pastikan residu sudah hilang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com