Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan dan Menghilangkan Bau pada Microwave

Kompas.com - 28/08/2023, 08:50 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring waktu dan penggunaan, microwave, baik bagian dalam maupun luar, dapat kotor lantaran terkena cipratan makanan yang dihangatkan. 

Entah itu, noda saus, pasta, maupun nasi. Semua noda ini dapat menempel dan mengotori  permukaan microwave. 

Baca juga: Cara Mengatasi Microwave Bau, Pakai Ampas Kopi

Bahkan beberapa noda ada yang semakin "terpanggang" dan sudah mengering setiap kali microwave digunakan tanpa membersihkannya. 

Aikbatnya, membuat kekacauan serta penumpukan bau pada microwave. Penumpukan makanan yang juga membuat pembersihan menjadi lebih sulit, bahkan dapat mempengaruhi efisiensi kerja microwave.

Maka itu, perlu membersihkan microwave secara rutin. Idealnya, Anda harus memeriksa microwave setiap kali selesai digunakan untuk mengetahui apakah ada cipratan atau tumpahan, kemudian segera membersihkannya.

Sebaiknya, gunakan microwave yang bersih setiap kali menyiapkan makanan. Nah, dilansir dari The Spruce, Senin (28/8/2023), berikut cara membersihkan dan menghilangkan bau pada microwave secara menyeluruh.  

Baca juga: Catat, 6 Wadah Makanan Ini Tidak Boleh Dimasukkan ke Microwave

Ilustrasi membersihkan microwave dengan kulit jeruk. SHUTTERSTOCK/ANDREY_POPOV Ilustrasi membersihkan microwave dengan kulit jeruk.
Alat dan bahan 

  • Mangkuk yang aman digunakan dalam microwave.
  • Spons atau kain mikrofiber.
  • Mesin pencuci piring.
  • Wastafel atau bak mandi besar.
  • Irisan lemon, jeruk, atau jeruk nipis.
  • Cuka putih suling. 
  • Baking soda.
  • Cairan pencuci piring dengan bahan penghilang minyak.
  • Spons melamin (seperti Penghapus Mr. Clean). 

Bersihkan dengan larutan uap menggunakan irisan lemon

Gunakan metode uap untuk menghilangkan bau pada microwave. Tambahkan 236 mililiter air dan beberapa irisan lemon, jeruk, atau jeruk nipis ke dalam mangkuk kaca yang aman untuk microwave.

Setelah itu, masukkan mangkuk ke microwave dan panaskan dengan daya tinggi hingga campuran mendidih dan bagian dalam oven dilapisi uap.

Matikan microwave dan tunggu lima menit sebelum membuka pintunya. Angkat mangkuk dan seka bagian dalam oven dengan spons atau kain mikrofiber. 

Baca juga: Jangan Letakkan Microwave di 5 Tempat Ini di Dapur, Mengapa?

Bersihkan uap dengan larutan cuka

Masukkan 236 mililiter air dan 236 mililiter cuka putih suling ke dalam mangkuk, lalu masukkan ke microwave, dan panaskan dengan api besar hingga campuran mendidih serta menghasilkan uap di bagian dalam microwave.

Selanjutnya, matikan microwave dan tunggu lima menit sebelum membuka pintunya. Angkat mangkuk dan celupkan spons ke dalam larutan.

Peras spons hingga sebagian besar larutannya keluar dan gunakan untuk menyeka residu di dalam microwave.  

Baca juga: 7 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Membeli Microwave

Mengatasi noda makanan gosong 

Ilustrasi membersihkan microwave.SHUTTERSTOCK/GOFFKEIN.PRO Ilustrasi membersihkan microwave.
Jika tindakan mengukus tidak cukup menghilangkan cipratan makanan gosong dan minyak, saatnya menggunakan metode lain serta sedikit minyak siku untuk pembersihan lebih mendalam seperti berikut ini:

1. Dengan menggunakan botol semprot, semprotkan cuka putih suling ke area microwave yang terdapat noda gosong. Taburkan sedikit baking soda kering. Hal ini akan menimbul busa. Setelah busa berhenti, gunakan spons untuk menyeka makanan dan noda gosong. 

2. Celupkan spons ke dalam air dan taburi dengan sedikit baking soda, lalu gunakan aksi abrasif dari baking soda untuk menggosok area yang bermasalah.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com