Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/04/2023, 13:10 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perayaan Lebaran identik dengan menikmati beragam hidangan selain bermaaf-maafan dan bersilaturahmi bersama keluarga. 

Biasanya, setelah selesai menikmati hidangan Lebaran, seperti opor ayam, rendang, dan telur balado, ada beberapa makanan yang tersisa alias tak habis.  

Baca juga: 6 Bahan Alami Menghilangkan Bau Gosong dari Microwave

Makanan-makanan tersebut pun disimpan untuk dikonsumsi kembali keesokkan harinya. Sebelum mengonsumsinya, makanan dihangatkan kembali agar enak dikonsumsi dengan microwave. 

Namun, saat menghangatkan makanan dengan microwave, terkadang lupa mengeluarkan makanan tepat waktu atau tidak sengaja menumpahkan, yang menyebabkan microwave berbau tak sedap atau gosong. 

Tentu saja, microwave yang berbau bukan hal menyenangkan. Untungnya, ada beberapa cara mengatasi bau gosong pada microwave. Bahkan bau paling membandel yang telah bertahan lama pun dapat dihilangkan. 

Dilansir dari Rhythm of the Home, Senin (24/4/2023), berikut sejumlah cara menghilangkan bau gosong dari microwave.  

Baca juga: Jangan Mencairkan Daging Beku di Microwave, Kenapa?

Baking soda

Ilustrasi baking sodaPixabay/Monfocus Ilustrasi baking soda
Sebelum menggunakan pembersih yang kuat dengan bahan kimia keras, sebaiknya mempertimbangkan metode yang menggunakan bahan pembersih lebih lembut.

Baking soda adalah bahan pokok dapur yang sudah dimiliki kebanyakan orang di rumah mereka. Cobalaah menggunakannya untuk menghilangkan bau yang tidak diinginkan dari microwave.

Baking soda memiliki sifat penyerap yang efektif menghilangkan bau gosong dari microwave. Cara terbaik menggunakannya adalah menaruh bubuk dalam jumlah cukup ke dalam mangkuk yang didiamkan semalaman di dalam microwave yang sudah dibersihkan. 

Baca juga: Jangan Membersihkan Microwave dengan Tisu Basah Antibakteri, Kenapa?

Cuka

Cuka adalah pembersih alami yang dapat menghilangkan bau gosong dari microwave. Cuka sangat efektif jika penyebab bau microwave adalah minyak yang mengeras atau noda membandel lainnya yang tidak dapat dihilangkan dengan mudah.

Bersihkan pelat putar microwave dengan larutan yang terbuat dari cuka dan air dengan perbandingan sama. Seka semua permukaan di dalam microwave untuk menghilangkan bau gosong yang masih tersisa.

Jika berurusan dengan kotoran yang menempel dan tidak mudah lepas, disarankan mendiamkan larutan cuka di dalam microwave selama beberapa menit sebelum mengelap setiap permukaannya lagi. 

Baca juga: Mudah, Ini Cara Membersihkan Microwave Pakai Kulit Jeruk

Air lemon 

Ilustrasi lemon. Shutterstock/Alexeysun Ilustrasi lemon.
Jika tidak menyukai ide memasukkan cuka ke microwave, ada solusi pembersih alami lain yang patut dicoba. Pertimbangkan menghilangkan bau gosong dari microwave dengan bantuan air perasaan lemon.

Sediakan sendok teh yang dicampur dengan beberapa mililiter air, lalu panaskan larutan tersebut dalam mangkuk di dalam microwave selama tiga sampai empat menit.

Jangan terburu-buru membuka pintu dan biarkan beberapa menit agar uapnya meresap ke setiap sudut dan celah microwave.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com