Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Bunga Sedap Malam yang Cantik dan Harum

Kompas.com - 18/12/2023, 18:36 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.comBunga yang harum menjadi daya tarik tersendiri. Ada banyak jenis bunga yang memiliki aroma wangi mencolok, salah satunya bunga sedap malam.

Bunga sedap malam atau Polianthes tuberosa memiliki bunga dengan kelopak besar berwarna putih. Tanaman bunga ini memiliki batang yang cukup tinggi dengan rumpun mirip seperti rumput.

Bunga ini cocok ditanam pada suhu sekitar 13 hingga 17 derajat Celcius, sehingga tanaman ini cocok dibudidayakan di ketinggian 700 sampai 1500 meter di atas permukaan laut.

Baca juga: 5 Langkah Mudah agar Bunga Sedap Malam Awet dan Tahan Lama di Vas

Tanaman ini bisa tumbuh di pekarangan rumah dengan perawatan yang relatif mudah. Selain itu, bunga sedap malam juga bisa dijadikan sebagai bunga potong yang nilai ekonomisnya cukup tinggi.

Dilansir dari Gardening Know How dan Farmer Gracy, Senin (18/12/2023), berikut ini cara menanam bunga sedap malam dengan mudah.

Cara menanam bunga sedap malam

Ilustrasi bunga sedap malamSHUTTERSTOCK/FANCY Ilustrasi bunga sedap malam

Tanaman bunga sedap malam memiliki umbi yang bisa dimanfaatkan sebagai bibit tanaman. Namun, pastikan umbi yang ditanam dalam kondisi sehat dan pertumbuhannya normal.

Cara menanam umbi bunga sedap malam yaitu dengan menempatkan umbi sedalam 5 hingga 10 cm dengan jarak antar umbi sekitar 15 hingga 20 cm.

Pastikan media tanam yang digunakan mengandung bahan organik yang tinggi dan drainasenya baik. Setelah ditanam, jangan lupa untuk melakukan penyiraman agar media tanam tetap lembap.

Baca juga: Cara Menanam Bunga Anyelir yang Cantik

Cara menanam bunga sedap malam di dalam pot

Selain menanam di pekarangan rumah, bunga sedap malam juga bisa ditanam dalam pot. Sama seperti penanaman di pekarangan, media tanam yang digunakan untuk penanaman di pot juga harus subur dan berdrainase baik.

Tak hanya itu, pastikan juga pot yang digunakan memiliki lubang drainase agar media tanam tidak terlalu lembap. Media tanam yang sudah dipilih kemudian diisi dalam pot.

Setelah itu, tanam bibit bunga sedap malam di dalam media tanam tersebut. Selanjutnya, letakkan pot berisi bibit bunga sedap malam di teras yang terkena sinar matahari.

Jika ingin menanam bunga sedap malam di dalam rumah, maka letakkan pot bunga sedap malam di dekat jendela menghadap ke selatan, sehingga bisa mendapatkan sinar matahari hampir sepanjang hari.

Baca juga: Inilah Manfaat dan Cara Menanam Bunga Telang di Pot

Cara merawat bunga sedap malam

Sama halnya dengan tanaman lainnya, bunga sedap malam juga membutuhkan penyiraman secara rutin agar bisa tumbuh dengan baik. Namun, pastikan tidak melakukan penyiraman secara berlebihan karena kelebihan air bisa menyebabkan umbi bunga sedap malam busuk.

Selain melakukan penyiraman, lakukan juga pemupukan berimbang agar tanaman tumbuh dengan subur. Saat memasuki masa generatif, sebaiknya kurangi pemberian nitrogen karena pupuk tinggi nitrogen hanya mendorong pertumbuhan daun dan menghambat perkembangan bunga.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com