Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari, Ini 6 Kesalahan yang Membuat Sulit Tidur Saat Cuaca Panas

Kompas.com - 11/12/2023, 20:47 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak dari kita menyukai cuaca cerah. Namun, ketika matahari terbenam dan waktunya tidur, hampir mustahil untuk memperoleh tidur. 

Ditambah, gelombang panas yang sedang berlangsung, bahkan saat musim hujan ini, semakin membuat sulit memperoleh tidur nyenyak. 

Baca juga: 10 Cara Membuat Rumah Sejuk Saat Cuaca Panas, Tak Perlu AC

Mencoba beristirahat dan tidur saat cuaca panas atau lembap bisa menjadi tantangan. Itulah mengapa penting memastikan rutinitas malam dan lingkungan tidur Anda dalam kondusif untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak, bahkan lebih penting lagi saat cuaca panas.

Namun, ada beberapa kesalahan kecil, tapi penting yang mungkin membuat Anda lebih sulit tidur dalam cuaca panas.

Lindsay Browning, psikolog dan ahli tidur dari British Psychological Society, membagikan cara bagaimana memastikan Anda tidur nyenyak, bahkan saat cuaca panas, dan menghindari sejumlah kesalahan. 

Disadur dari Homes and Gardens, Senin (11/12/2023), berikut enam kesalahan yang membuat sulit tidur saat cuaca panas.  

Baca juga: Cara Memaksimalkan Kinerja AC Saat Cuaca Panas, Dijamin Bikin Dingin

Membuka jendela pada siang hari 

Ilustrasi kamar tidur farmhouse. Shutterstock/Allison J. Hahn Ilustrasi kamar tidur farmhouse.
Saat cuaca panas, naluri alamiah kita adalah membuka semua jendela di rumah untuk mencoba mendapatkan udara segar yang berembus.

Masalahnya adalah aliran udara yang masuk ke rumah sangat sedikit ketika cuaca panas.

"Ketika cuaca di luar sangat panas, ide baik adalah tetap menutup jendela kamar tidur pada siang hari karena mencegah udara panas dari luar masuk ke rumah dan menghangatkannya," jelas Browning.

Sebagai gantinya, buka jendela pada malam hari. "Setelah matahari terbenam, udara luar akan mulai mendingin. Pada titik ini, adalah ide bagus membuka jendela untuk membiarkan angin sejuk dari luar masuk ke kamar tidur guna membantu mendinginkan ruangan dan memberikan sirkulasi udara yang dibutuhkan. 

Baca juga: 8 Ras Anjing yang Tahan Cuaca Panas, Cocok Dipelihara di Indonesia

Berolahrga terlalu dekat dengan waktu tidur 

Browning menjelaskan berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur adalah kesalahan yang membuat sulit tidur saat cuaca panas.

"Melakukan olahraga berat terlalu dekat dengan waktu tidur dapat mempengaruhi kemampuan Anda mendinginkan diri dan berpotensi mengganggu tidur," ucap Browning. 

Ketika berolahraga dengan penuh semangat, suhu tubuh akan meningkat dan perlu waktu kembali ke tingkat normal. Peningkatan suhu tubuh ini dapat mengganggu proses pendinginan alami yang terjadi selama tidur dan membuatlebih sulit tertidur.

Jadi, jika ingin berolahraga, bagaimana sebaiknya melakukannya?

Browning menjelaskan, idealnya memberikan waktu pendinginan yang cukup setelah berolahraga berat sebelum tidur guna memberikan waktu cukup bagi tubuh menurunkan suhu tubuh dan kembali ke kondisi lebih rileks.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com