Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tanaman yang Harus Dipangkas pada Desember, Apa Saja?

Kompas.com - 05/12/2023, 09:37 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Desember adalah periode dormansi (terhambatnya pertumbuhan untuk sementara waktu) bagi banyak tanaman di taman dan sering kali juga dilihat sebagai waktu relaksasi bagi tukang kebun.

Namun, seorang tukang kebun yang tangguh memahami bahwa masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan di kebun selama cuaca dingin, termasuk merawat pohon dan semak yang perlu dipangkas. 

Baca juga: 8 Tanaman Hias yang Cocok untuk Dekorasi Natal, Meriah dan Penuh Warna

Meski memangkas tanaman pada Desember mungkin tidak terdengar terlalu menarik, sebenarnya hal ini bisa sangat bermanfaat bagi beberapa tanaman.

Anda bisa mendapatkan imbalan atas kerja keras Anda dengan tampilan lebih baik atau hasil panen yang lebih baik tahun depan. 

Selalu gunakan peralatan berkebun yang bersih dan tajam untuk melakukan pemangkasan pada cuaca dingin. Hal ini membantu membuat potongan bersih yang lebih mudah disembuhkan dan mencegah penyebaran penyakit di sekitar taman.

Namun, berhati-hatilah karena tidak semua tanaman, pohon, buah, bunga, dan semak cocok dipangkas pada Desember.

Salah-salah memangkas dapat mempertaruhkan kesehatan tanaman secara keseluruhan. Jadi, selalu periksa sebelum memangkas tanaman pada cuaca dingin.  

Nah, disadur dari Homes and Gardens, Selasa (5/12/2023), berikut sejumlah tanaman yang harus dipangkas pada Desember.  

Baca juga: Cara Melindungi Tanaman Mawar dari Cuaca Dingin agar Kembali Mekar

Anggur 

Ilustrasi tanaman anggurShutterstock/annasf83 Ilustrasi tanaman anggur
Tanaman anggur perlu dipangkas selama masa dormansi dan waktu yang tepat akan bervariasi, tergantung pada apakah menanam anggur di dalam atau luar ruangan.

Jika menanam anggur di dalam ruangan, seperti di rumah kaca, waktu tepat memangkasnya adalah pada awal musim hujan, biasanya tugas ini diselesaikan sebelum Natal.

Anggur dalam ruangan mulai aktif tumbuh lebih awal daripada anggur di luar ruangan. Jika Anda memangkasnya lebih lambat dari Desember, getahnya sudah mengalir, yang berarti tanaman akan mengeluarkan getah dari luka pemangkasan.

Hal ini tidak hanya melemahkan tanaman, tapi juga menarik hama yang mungkin membawa penyakit.  

Baca juga: 7 Tanaman Hias yang Tumbuh Tumbuh Subur di Dapur

Wisteria 

Selanjutnya, tanaman yang harus dipangkas pada Desember adalah wisteria. Tanaman bunga ini harus dilakukan dua kali setahun, secara rutin dilakukan pada musim panas setelah berbunga dan selama periode tidak aktif pada musim hujan atau dingin, yang cenderung berlangsung dari November hingga Februari.

Hal ini lebih mudah memangkasnyakarena tanaman telah menggugurkan daunnya.

Jika menanam wisteria, sebagian besar pemangkasan dilakukan pada musim dingin. Musim dingin adalah waktu untuk membentuk kembali tanaman, mengurangi pertumbuhan musim panas, lalu menjadi dua atau tiga tunas, serta membuang cabang yang mati, sakit, dan rusak bersama dengan pengisapnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com