Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Penyebab Daun Tanaman Cabai Keriting, Patut Waspada

Kompas.com - 23/11/2023, 07:23 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Cabai dapat menambah rasa pada makanan dan berbagai macam warna ke kebun sayur.

Namun, sama dengan sepupunya, tomat, tanaman cabai bisa rewel tentang kondisi pertumbuhan dan sensitif terhadap kerusakan hama. 

Baca juga: 5 Cara Mencegah dan Mengatasi Virus Mosaik pada Tanaman Cabai 

Seiring pertumbuhan, tanaman cabai dapat mengalami sejumlah masalah, salah satunya daun yang keriting. Daun tanaman cabai keriting dapat terjadi ketika tanaman berada dalam kondisi stres, seperti kelebihan panas dan cahaya, dan virus. 

Untungnya, kondisi ini mudah diatasi dan tanaman cabai dapat dikembalikan ke bentuk semula dengan dedaunan yang kembali sehat.

Nah, dilansir dari Ever Green Seeds, Kamis (23/11/2023), berikut sejumlah penyebab daun tanaman cabai keriting

Serangan hama

Ilustrasi tanaman cabai.Shutterstock/PromKaz Ilustrasi tanaman cabai.
Salah satu penyebab paling umum daun tanaman cabai keriting adalah serangan hama. Kutu daun, thrips, dan tungau laba-laba adalah penyebab umum yang memakan tanaman dengan cara menghisap getah dari dedaunan, membuat daun tanaman cabai keriting dan lemas.

Segera mengisolasi tanaman setelah menemukan hama tersebut. Untuk serangan kecil, gunting daun yang terserang dengan hati-hati dan buanglah.

Untuk serangan yang lebih parah, semprotkan insektisida sabun organik untuk membasmi serangga. Selain itu, perkenalkan serangga lain, seperti kepik yang memakan hama ini.

Cegah serangan hama dengan menyemprotkan larutan minyak nimba atau minyak hortikultura yang diencerkan secara teratur ke seluruh dedaunan dan tanah. 

Baca juga: 5 Cara Mencegah dan Mengatasi Virus Mosaik pada Tanaman Cabai

Terlalu banyak penyiraman 

Selanjutnya, penyebab daun tanaman cabai keriting adalah terlalu banyak penyiraman. Tanaman cabai tidak tahan terhadap tanah yang terlalu banyak air dan lembap. 

Terlalu banyak air mencegah akar mengambil oksigen serta nutrisi yang cukup dari tanah sehingga menyebabkan daun tanaman cabai menguning dan menggulung. 

Jika melihat daun tanaman cabai keriting dan menguning, kurangi penyiraman dan jaga  tanaman tetap berada di tanah kering. Pastikan campuran potnya ringan, diangin-anginkan, dan dikeringkan dengan baik.

Selain itu, pot harus memiliki lubang drainase yang tepat, yang memungkinkan air mengalir dengan mudah. Jika tanahnya sangat lembek, pertimbangkan memindahkannya ke tanah yang segar dan ringan.

Untuk mencegah daun tanaman cabai keriting karena terlalu banyak air, pertahankan jadwal penyiraman yang tepat.

Biarkan tanah mengering di antara waktu penyiraman atau lakukan tes tanah sederhana dengan menancapkan jari Anda 2,5 sentimeter ke dalam tanah untuk memeriksa tingkat kelembapannya.  

Baca juga: 3 Cara Mendapatkan Cabai dengan Rasa Lebih Pedas

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com