Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/11/2023, 12:32 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.comHamster merupakan salah satu hewan peliharaan yang banyak disukai. Ukurannya yang kecil membuat hewan ini bisa dirawat di dalam rumah.

Hamster biasanya dirawat di dalam kandang, sehingga tidak berkeliaran di dalam rumah. Perawatan hamster di dalam kandang juga relatif lebih mudah.

Namun agar hamster nyaman, kamu perlu memperhatikan kandang yang digunakan. Dikutip dari The Spruce Pets, Selasa (28/11/2023), berikut ini tips memilih kandang hamster yang perlu diperhatikan.

Baca juga: 4 Material yang Tidak Boleh Dijadikan Alas di Kandang Hamster

Pertimbangkan model kandang

Ilustrasi hamster, kandang hamster. SHUTTERSTOCK/ANKAMUN711 Ilustrasi hamster, kandang hamster.

Kandang hamster banyak jenisnya, seperti kandang kawat, modular plastik, atau akuarium yang memiliki jaring penutup.

Setiap kandang memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Kamu bisa langsung bertanya ke penjual kandang sebelum membelinya.

Kemudahan membersihkannya

Hal lain yang perlu diperhatikan saat membeli kandang hamster yaitu kemudahan membersihkannya. Secara umum, sangkar kawat dengan baki plastik paling mudah dibersihkan.

Kamu cukup mengangkat kawar dari bawah, membersihkan alasnya, serta menyeka bagian kawat dan alasnya. Semakin rumit kandangnya, semakin sulit pula cara membersihkannya.

Baca juga: Seberapa Sering Harus Membersihkan Kandang Hamster?

Kandang dari akuarium sebenarnya cukup mudah dibersihkan, namun cukup berat yang membuat proses membersihkan kandang kurang praktis.

Perhatikan ventilasinya

Tips memilih kandang hamster lainnya yaitu memperhatikan ventilasinya. Kandang dari kawat memiliki ventilasi yang lebih baik dibandingkan kandang modular plastik dan akuarium.

Ventilasi yang baik akan membuat udara di dalam kandang lebih segar dan bersih. Dengan demikian, hamster tetap nyaman dan sehat saat berada di kandang tersebut.

Pertimbangkan ukuran kandang

Meskipun hamster memiliki tubuh kecil, namun hamster tetap membutuhkan kandang yang cukup luas untuk bermain, berlari, dan beristirahat.

Menurut California Hamster Association, lebar kandang hamster yang ideal minimal 63,5 cm dan panjang 45,72 cm. Semakin besar ukuran kandangnya, semakin baik.

Baca juga: Berapa Ukuran Kandang Hamster yang Tepat?

Keamanan kandang

Sebelum membeli kandang hamster, pastikan kandang tersebut aman. Pastikan tidak ada tempat yang membuat hamster jatuh.

Kamu juga perlu mempertimbangkan jarak antar jeruji pada kandang tersebut. Jika digunakan untuk meletakkan hamster kecil, sebaiknya pilih kandang dengan jarak antara jeruji tidak lebih dari 0,6 cm.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com