Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/11/2023, 07:26 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendapati kloset yang tersumbat atau mampet dapat membuat kesal dan mengganggu kegiatan buang air, baik air kecil maupun besar. 

Ada sejumlah penyebab kloset mampet, seperti kloset penuh dan adanya benda yang menyumbat. 

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Air Sadah pada Kloset

Namun, menghadapi situasi kloset mampet tak perlu buru-buru panik. Ada beberapa cara membuka sumbatan pada kloset tanpa penyedot.

Akan tetapi, hindari menggunakan bahan kimia keras, seperti pemutih, untuk mengatasi kloset mampet karena dapat merusak pipa serta merusak enzim dan bakteri yang diperlukan dalam sistem septik.

Pembersih enzim lebih baik dan lebih aman daripada pembersih kimiawi, tetapi membutuhkan waktu cukup lama untuk menjadi efektif.

Nah, untuk membantu Anda, berikut sejumlah cara mengatasi kloset mampet tanpa memakai penyedot dikutip dari The Spruce, Senin (27/12/2023).  

Baca juga: Cara Membersihkan Mangkuk Kloset dan Menjaganya Tetap Kinclong

Baking soda dan cuka 

Ilustrasi baking sodaPixabay/Monfocus Ilustrasi baking soda
Ambil beberapa baking soda dan cuka. Disarankan menggunakan sarung tangan sebelum memulai. 

Setelah itu, siram air ke kloset, lalu tuangkan 236 mililiter baking soda bersama dengan cuka putih suling. Campuran bahan tersebut akan mendesis untuk sementara waktu, yang mungkin cukup untuk memecah penyumbatan.

Air panas

Selanjutnya, cara mengatasi kloset mampet tanpa memakai penyedot adalah menggunakan air paans. Kenakan sarung tangan karet dan mulailah mengeluarkan air dari kloet dengan menyendoknya menggunakan gelas plastik.

Setelah keran air panas, isi cangkir besar. Tuangkan cangkir tersebut langsung ke dalam lubang di bagian bawah kloset. Panas yang dikombinasikan dengan kekuatan air dapat membantu memecah kloset mampet.  

Baca juga: 5 Jenis Gagang Kloset dan Cara Memilihnya

Gantungan kawat

Terkadang kloset mampet begitu rapat sehingga hampir tidak mungkin memaksa kotoran keluar dari saluran pembuangan meski Anda memiliki penyedot.

Jenis penyumbatan ini membutuhkan ular penyedot atau drain snake. Jika tidak memilikinya, ambil gantungan atau hanger kawat dan tekuk hingga lurus.

Masukkan gantungan ke dalam saluran pembuangan kloset dan gunakan ujungnya untuk membersihkan sumbatan.

Berhati-hatilah saat menggunakan benda logam untuk membersihkan kloset mampet karena dapat dengan mudah menggores porselen.

Namun, harus menahan diri untuk tidak membungkus gantungan dengan benda lain guna melindungi porselen karena dapat kehilangan benda tersebut di saluran pembuangan. 

Baca juga: Mudah, Begini Cara Mengatasi Kloset Mampet

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com