Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/09/2023, 10:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Gagang atau tuas kloset yang patah adalah masalah pipa yang  umum sekaligus menjengkelkan. 

Gagang kloset, yang juga disebut gagang flush atau gagang trip, sangat sering digunakan untuk menyiram kloset, yang akhirnya membuat tuas rusak sehingga perlu menggantinya.  

Baca juga: Mudah, Begini Cara Mengatasi Kloset Mampet

Untungnya, mengganti gagang kloset bukan perbaikan yang memerulkan tukang ledeng. Ini bbisa dilakukan pemilik rumah sendiri.

Namun, masalah terbesar yang mungkin dihadapi ketika mencoba mengganti gagang kloset adalah memastikan memilih suku cadang yang tepat.

Tidak semua gagang cocok untuk semua kloset meski opsi universal tersedia. Maka itu, sebaiknya menentukan posisi pemasangan sebelum membeli penggantinya.

Ada berbagai jenis gagang kloset yang dapat dipilih. Pilihan terbaik adalah melepas gagang kloset lama dan membawa semua komponennya ke toko peralatan rumah tangga agar tidak salah membeli. 

Nah, dikutip dari The Spruce, Minggu (24/9/2023), berikut beberapa jenis gagang kloset yang dapat dipilih.  

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Kloset yang Tepat agar Bebas Kuman

Gagang yang dipasang di depan 

Ilustrasi gagang kloset.Shutterstock/winnond Ilustrasi gagang kloset.
Gagang yang dipasang di depan atau front mount handle adalah jenis gagang kloset yang paling umum ditemukan di pasar.

Sesuai dengan namanya, jenis gagang kloset ini biasanya terletak di bagian paling depan tangki kloset, biasanya di pojok kiri atas. Ada pula yang dipasang di sebelah kanan atas.

Biasanya, Anda dapat melihat gagang kloset yang dipasang di depan karena batang penyiram yang pas di dalam tangki bergerak sejajar dengan arah tuas pegangan itu sendiri.

Perlu diingat, hanya karena gagang kloset dipasang di depan adalah jenis paling umum, bukan berarti semua jenis ini dapat digunakan pada semua kloset.

Untuk hasil terbaik saat mengganti gagang kloset yang dipasang di depan, ukurlah tuasnya atau bawalah gagang yang lama ke toko untuk mencocokkannya.  

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Flush Kloset yang Lambat Menyiram

Gagang pemasangan samping 

Gagang dudukan samping atau side-mount handle terpasang keluar di sisi tangki kloset. Jika gagangnya keluar tegak lurus dengan dinding di belakang kloset, itu adalah indikator cukup bagus bahwa Anda memiliki gagang dudukan samping.

Jika memeriksa gagang yang dipasang di samping, Anda akan melihat bahwa batang penyiram yang terpasang di dalam tangki kloset memiliki lengkungan 90 derajat di dalamnya, yang memungkinkan batang tersebut berputar ke atas dan ke bawah ketika tuas pegangan dioperasikan.

Namun, jenis gagang kloset ini lebih jarang ditemukan dibanding gagang kloset depan. 

Baca juga: 5 Cara Mengganti Dudukan Kloset yang Rusak, Cukup 15 Menit

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com