Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Bawang Putih untuk Kebersihan Kloset dan Cara Menggunakannya

Kompas.com - 18/09/2023, 21:10 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bawang putih adalah bumbu dapur favorit yang digunakan untuk banyak masakan. Selain itu, bawang putih juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan.

Akan tetapi, ternyata ada pula manfaat bawang putih selain untuk dunia kuliner. Bawang putih dapat digunakan untuk menghilangkan bau tidak sedap di kamar mandi, meskipun Anda rutin membersihkan kamar mandi.

Dikutip dari House Digest, Senin (18/9/2023), Anda dapat menggunakan bawang putih untuk menghilangkan bau kloset. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengambil satu siung bawang putih dan memasukkannya ke dalam kloset di malam hari sebelum tidur.

Baca juga: 5 Cara Mengganti Dudukan Kloset yang Rusak, Cukup 15 Menit

Ilustrasi bawang putih. Ilustrasi bawang putih.

Saat Anda tidur, bawang putih mengeluarkan aroma alaminya, yang berasal dari allicin, yang dikenal karena sifat antibakteri dan antijamurnya. Senyawa ini berfungsi menetralisir bau, membuat kamar mandi beraroma lebih segar di pagi hari.

Bawang putih tidak hanya menutupi bau tidak sedap, tetapi juga berkontribusi terhadap lingkungan kamar mandi yang lebih nyaman secara keseluruhan. Ini bisa sangat membantu jika Anda sedang kedatangan tamu atau ingin menjaga suasana tetap mengundang.

Selain itu, menggunakan bawang putih sebagai pewangi alami adalah alternatif ramah lingkungan dibandingkan penyegar udara berbahan kimia, sehingga meningkatkan lingkungan yang lebih sehat untuk Anda dan keluarga.

Dengan demikian, jika Anda sedang mencari cara alami dan hemat biaya untuk menjaga kamar mandi tetap wangi, pertimbangkan untuk mencoba memasukkan bawang putih ke kloset.

Baca juga: Cara Membersihkan Kloset Pakai Asam Sitrat agar Putih Seperti Baru

Selain itu, bawang putih juga bisa digunakan untuk membersihkan noda di kloset. Cara ini memanfaatkan sifat pembersih alami bawang putih untuk mengatasi noda yang tidak sedap dipandang.

Cukup kupas dan hancurkan atau potong beberapa siung bawang putih, rendam dalam air panas selama sekitar 15 menit. Lalu, tuangkan larutan bawang putih ke dalam mangkuk kloset, pastikan larutan menutupi noda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com