Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/11/2023, 20:48 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Peace lily atau lili perdamaian adalah tanaman hias yang umumnya dijual untuk interior rumah.

Tanaman ini menghasilkan spathe atau bunga berwarna putih, yang dipaksakan oleh para petani komersial untuk membuatnya lebih menarik di pasar. 

Baca juga: 8 Penyebab Daun Peace Lily Menguning dan Cara Mengatasinya

Setelah spathe hilang, Anda akan mendapatkan daun hijau mengkilap yang indah. Namun, bagaimana jika menginginkan bunga itu mekar kembali?

Sering kali, bunga peace lily tidak pernah berbunga, tidak peduli bagaimana Anda merawatnya. Hal ini bisa membuat frustasi, tetapi ada alasan sangat bagus untuk kondisi ini.

Fakta bunga peace lily 

Ilustrasi tanaman peace lily.SHUTTERSTOCK/PHOTOLIFE_STYLE Ilustrasi tanaman peace lily.
Dilansir dari Gardening Know How, Jumat (17/11/2023), bunga peace lily adalah anggota keluarga yang sama dengan philodendron, yang keduanya adalah Aroid. Peace lily adalah tanaman hias tropis yang sangat populer.

Bunga lili perdamaian sangat menarik di antara daun-daun hijau tua dan dapat bertahan setidaknya selama satu bulan, tetapi pada akhirnya akan layu dan mati.

Bunga peace lily tidak pernah berbunga sampai dewasa. Para penanam profesional tahu bagaimana membuat tanaman lili perdamaian mekar sesuai perintah. Mereka menggunakan hormon tanaman alami untuk merangsang tanaman berproduksi. 

Baca juga: 8 Manfaat Tanaman Peace Lily, Bersihkan Udara hingga Cegah Jamur

Tidak jarang, ditemukan bunga peace lily tidak pernah berbunga, bahkan ketika itu adalah tanaman yang sehat.

Bunga ini berasal dari Amerika tropis dan ditemukan di hutan lebat, matahari yang belang-belang merupakan sumber cahaya utama.

Peace lily membutuhkan tanah yang kaya humus dan kelembapan sedang. Kondisi pertumbuhan optimal adalah antara 18-30 Celsius.

Kondisi yang lebih hangat mendorong pembungaan. Spatula putih sebenarnya bukan bunga, tetapi daun yang dimodifikasi, yang membungkus bunga yang sebenarnya, yang kecil dan tidak signifikan.

Bunga peace lily tidak pernah berbunga, kecuali jika lembap dan cukup hangat dengan pencahayaan lembut. 

Baca juga: 7 Manfaat Meletakkan Tanaman Peace Lily di Dalam Ruangan

Kapan bunga peace lily berbunga?

Ilustrasi peace lily.Shutterstock/John C Evans Ilustrasi peace lily.
Bunga peace lily dijual dengan bunga atau spathe. Ini adalah fitur menarik, menjulang putih krem dari tengah dedaunan yang melengkung seperti pedang.

Bunga peace lily dipaksa mekar dengan asam giberelat, hormon tanaman alami yang merangsang pembelahan dan pemanjangan sel. 

Tanaman biasanya dibesarkan hingga matang dan berbunga secara alami sebelum munculnya asam giberelat. Prosesnya bisa memakan waktu hingga satu tahun sebelum ada tanaman yang bisa dijual.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com