Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peace Lily Tidak Berbunga? Ini Berbagai Penyebabnya

Kompas.com - 18/05/2021, 15:50 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber home guide

JAKARTA, KOMPAS.com - Peace lily merupakan tanaman hias yang umumnya diletakkan di dalam ruangan untuk mempercantik ruangan. Tanaman ini menghasilkan spathe atau bunga putih yang cantik.

Namun, sering kali bunga ini tidak berbunga meski sudah dirawat dengan benar. Lantas, apa yang menyebabkan peace lily tidak berbunga? 

Baca juga: Cara Menanam Bunga Cosmos dari Biji dengan Media Polybag

Dilansir dari HomeGuides, Selasa (18/5/2021), ada beragam penyebab peace lily tidak berbunga. Simak penyebabnya di bawah ini. 

Kondisi Lokasi yang Salah 

Peace lily tidak akan mekar di tempat teduh meski tanaman bisa tumbuh. Pada akhir musim panas, ketika tanaman mulai tidak tumbuh, gali tanah dan tanam kembali di tempat yang mendapat sinar matahari minimal selama enam jam. 

Baca juga: 5 Fakta Menarik Bunga Daisy yang Penuh Arti dan Simbol

Begitu pun daun lili yang menguning saat ditanam di tanah basah sebaiknya dipindahkan ke lokasi yang kering. 

Terlalu Banyak Memangkas Daun 

Bunga lili mengembangkan bunganya untuk tahun depan dari energi yang disediakan oleh daun pada tahun ini. Jika Anda memotong daun terlalu banyak saat memetik bunganya atau tanaman terlihat tidak menarik, bunga lili tidak akan mekar tahun depan. 

Baca juga: Sederet Manfaat Bunga Turi bagi Kesehatan

Hama dan Penyakit 

Tanaman yang terkena hama dan penyakit sulit untuk berbunga kembali. Pada bunga lili, lalat umbi narcissus kerap memakan umbi lili. Akibatnya, bunga lili hanya dapat mekar sedikit  dan daun terdistorsi.

Penyakit lainnya seperti jamur abu-abu, virus belang-belang lili, dan virus mosaik mentimun yang disebarkan kutu daun dapat menjadi penyebab tanaman tidak berbunga atau bunga tidak dapat mekar. Untuk mencegah virus, sebaiknya membeli bunga lili dari sumber tepercaya.

Baca juga: 7 Cara Membuat Buket Bunga Lebih Tahan Lama

Selain itu, penyakit jamur juga dapat merusak bunga lili sehingga Anda harus menjaga sirkulasi udara yang baik di sekitar tanaman untuk mencegah penyakit jamur. 

Tanah yang Tidak Baik 

Peace lily membutuhkan tanah yang kaya humus dan kelembapan sedang untuk memekarkan bunganya. Kondisi pertumbuhan bunga lili yang optimal adalah antara 18-30 derajat Celcius serta kondisi yang lebih hangat dapat mendorong bunga ini mekar. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com