Kompas.com - 14/05/2021, 09:30 WIB
Ilustrasi buket bunga Unsplash/Kermen TutkunovaIlustrasi buket bunga

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain tanaman hias, buket bunga juga bisa menjadi pilihan untuk mendekorasi ruangan. Bahkan, dengan menggunakan bunga berwarna-warni yang dirangkai dalam vas, dapat menjadikan ruangan semakin cantik dan menarik. 

Baca juga: 5 Pilihan Cara Membuat Buket Bunga Kering yang Tengah Hits

Akan tetapi, berbeda dengan tanaman hias yang memiliki umur panjang, buket bunga tidak tahan lama dan akan layu pada waktunya.

Untuk itu, seperti dilansir dari The Spruce, Jumat (14/5/2021), ada beberapa cara membuat buket bunga lebih tahan lama. Berikut ini caranya. 

Baca juga: 7 Bahan yang Ampuh Membuat Buket Bunga Tetap Segar dan Tahan Lama

Pilih Varietas Bunga yang Tahan Lama 

Bunga yang memiliki waktu mekar lama di taman belum tentu dapat mekar lebih lama di dalam vas. Di antara bunga potong yang populer, ada beberapa bunga yang tahan lama saat dijadikan buket seperti alstroemerias, anyelir, krisan, anggrek, dan zinnias.

Sementara itu, beberapa bunga potong dengan umur simpan lebih pendek, di antaranya dahlia, gladiol, dan bunga matahari

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 5 Fakta Menarik Bunga Krisan, Bisa untuk Obat hingga Minuman

Gunakan Pengawet Bunga 

Saat membeli buket bunga, Anda akan menerima sebungkus pengawet bunga untuk ditambahkan ke dalam air. Hal ini bisa membuat daya tahan bunga dua kali lebih lama daripada umur normalnya.

Pengawet ini mengandung beberapa unsur kimia dan memiliki fungsi masing-masing seperti biosida yang berkhasiat membunuh bakteri atau jamur yang dapat menginfeksi serta sukrosa sebagai sumber karbohidrat bergizi agar bunga dijauhkan dari sinar matahari yang menyediakan energi. 

Baca juga: Selain Kuning, Bunga Matahari Ada yang Cokelat, Ini Cara Merawatnya

Selain itu, ada kandungan aditif asam yang akan meniru pH getah tanaman, menstabilkan warna bunga mekar, dan memperlambat proses penuaan alami bunga. Bisa pula menambahkan satu sendok teh pemutih yang dapat berfungsi sebagai biosida alami. 

Pangkas Dedaunan

Daun yang terendam di air dapat menjadi wadah untuk berkembangnya mikroba. Dengan memangkas dedaunan yang terkena air di dalam vas, dapat menjauhkan mikroba jahat yang akan berkembang. 

Baca juga: 5 Bunga yang Dapat Mempercantik Ruangan Saat Lebaran

Perhatikan Batang Bunga

Memastikan batang bunga terkena air saat dimasukkan ke vas, bukan udara, dapat memperpanjang usia dan menjaga kesegaran bunga. Jangan lupa untuk memotong batang bunga yang terkena air dan melembapkannya kembali menggunakan air hangat.  

Halaman:


Sumber The Spruce
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X