Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tanaman Pendamping Terbaik untuk Cabai, Bantu Tumbuh Subur

Kompas.com - 08/11/2023, 07:18 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Cabai termasuk tanaman sayur yang banyak ditanam tukang kebun rumahan lantaran mudah menanamnya dan minim perawatan.

Tanaman yang memiliki rasa pedas ini bahkan tumbuh subur di dalam pot. Selain itu, menanam cabai di rumah memberikan sejumlah manfaat, seperti dapat digunakan untuk masakan saat panen sehingga menghemat pengeluaran. 

Baca juga: 5 Cara Mencegah dan Mengatasi Virus Mosaik pada Tanaman Cabai

Namun, menanam cabai perlu memikirkan menanamnya bersama tanaman pendamping di kebun. Tanaman pendamping adalah praktik menanam tanaman yang berbeda secara bersamaan untuk saling menguntungkan. 

Meski tidak semua informasi tentang penanaman pendamping didasarkan pada fakta-fakta ilmiah yang kuat, para peneliti mempelajari pengamatan dan pengetahuan tentang kebun yang ditemukan dalam catatan harian petani.

Kebun adalah sebuah sistem keanekaragaman hayati dengan semua tanaman saling terhubung dan bergantung. Dalam banyak kasus, manfaat saling menguntungkan dengan setiap tanaman meningkatkan pertumbuhan tanaman lainnya.

Nah, dikutip dari The Spruce, Rabu (8/11/2023), berikut sejumlah tanaman pendamping terbaik untuk cabai.  

Baca juga: 3 Cara Mendapatkan Cabai dengan Rasa Lebih Pedas

Kemangi

Ilustrasi tanaman kemangi di potShutterstock/PandaStudio Ilustrasi tanaman kemangi di pot
Menanam kemangi  memiliki beberapa manfaat untuk tanaman cabai. Kemangi tumbuh cepat dari biji dan memberikan penutup tanah yang lebat, yang memerangkap panas serta kelembapan yang disukai tanaman cabai. 

Kemangi juga bisa mengusir kutu daun, tungau laba-laba, dan thrips yang dapat merusak tanaman cabai sekaligus meningkatkan rasa cabai untuk hidangan. 

Wortel

Selanjutnya, tanaman pendamping terbaik untuk cabai adalah wortel. Cabai dan wortel adalah pasangan yang sangat baik karena cabai memberikan keteduhan yang dibutuhkan pucuk wortel yang lembut, sementara wortel menciptakan mulsa hidup untuk mengurangi gulma.

Karena merupakan sayuran akar, wortel membantu menggemburkan tanah sehingga memudahkan tanaman cabai menumbuhkan akar yang dalam. Wortel juga menarik serangga yang bermanfaat bagi paprika, seperti kepik dan lacewing. 

Baca juga: Cara Menanam Cabai Rawit di Polybag, Mudah untuk Pemula

Ketumbar

Ketumbar dan cabai tidak hanya terasa lezat jika diolah dalama hidangan bersama, tetapi juga merupakan tanaman pendamping terbaik untuk cabai. 

Ketumbar menarik serangga yang bermanfaat sekaligus mengusir hama, seperti tungau laba-laba dan kutu daun. Ketumbar dan rempah-rempah lainnya, seperti adas manis, oregano, dan marjoram, tumbuh dekat dengan tanah sehingga tidak akan bersaing dengan tanaman cabai untuk mendapatkan ruang.

Marigold 

Ilustrai bunga marigold.Shutterstock/NatureVenture Ilustrai bunga marigold.
Selain tanaman sayur, tanaman bunga, seperti marigold, juga merupakan tanaman pendamping terbaik untuk cabai.

Meski data mengenai apakah marigold benar-benar menghalangi hama serangga masih kurang, marigold dapat menarik serangga menguntungkan, seperti lacewing, kepik, dan tawon parasit.

Marigold Afrika atau Prancis yang berwarna cerah sangat bagus untuk mencegah hama, seperti nematoda, kutu labu, dan lalat putih. Semburan warna menarik perhatian penyerbuk dan menambah tampilan dekoratif pada kebun sayur. 

Baca juga: 5 Penyebab Daun Tanaman Cabai Menguning dan Cara Mengatasinya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com