Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/11/2023, 10:30 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Bunga lili perdamaian atau peace lily adalah tanaman hias favorit para tukang kebun dalam ruangan karena mudah tumbuh.

Ketika tumbuh sehat, daun lili perdamaian berukuran besar, mengkilap, dan hijau, sementara bunga putihnya yang menakjubkan muncul pada musim semi dan kadang-kadang sepanjang tahun. 

Baca juga: 8 Manfaat Tanaman Peace Lily, Bersihkan Udara hingga Cegah Jamur

Tanaman peace lily membutuhkan sedikit perawatan dan sangat senang dalam cahaya redup. Namun, ketika tumbuh dalam kondisi kurang optimal, disiram dengan tidak benar, atau menghadapi beberapa tantangan lain, tanaman peace lily dapat mulai layu, menguning, bahkan mengalami kecoklatan pada daunnya.

Daun peace lily yang menguning sesekali tidak apa-apa dan wajar. Namun, saat hal itu menjadi hal biasa, saat itulah Anda mungkin memiliki masalah. Untungnya, sebagian besar masalah ini mudah diperbaiki.

Nah, dikutip dari The Spruce, Minggu (5/11/2023), berikut penyebab daun peace lily menguning

Tidak cukup air

Ilustrasi tanaman peace lily. SHUTTERSTOCK/TOPIMAGES Ilustrasi tanaman peace lily.
Bunga lili perdamaian lebih suka tanah lembap, jadi tidak boleh membiarkan tanaman mengering sepenuhnya di antara penyiraman.

Jika mulai melihat daun peace lily menguning, coklat, atau layu, Anda mungkin mengalami kondisi seperti kekeringan. Siramlah tanaman peace lily segera setelah bagian atas tanah mulai terasa kering. 

Baca juga: Mengapa Air Ledeng Tak Baik untuk Tanaman Bunga Peace Lily?

Terlalu banyak air

Di sisi lain, Anda juga bisa menyiram bunga lili perdamaian terlalu banyak. Jika daun peace lily menguning adalah tanda utama dari gangguan, kemungkinan Anda menyirami bunga lili  secara berlebihan.

Terlalu banyak air bisa menyebabkan tanaman mengalami pembusukan akar. Apabila melihat tanaman peace lily masih basah beberapa hari setelah disiram, kemungkinan besar tanaman  terlalu banyak disiram.

Biarkan tanaman lili perdamaian mengering sepenuhnya, kemudian kembali ke jadwal penyiraman yang sehat. Jika tanaman tampak mengalami pembusukan akar minimal, buang akar yang lembek dan lakukan repotting atau memindahkan tanaman ke pot baru.  

Baca juga: 7 Manfaat Meletakkan Tanaman Peace Lily di Dalam Ruangan

Tanaman terikat akar

Selanjutnya, penyebab daun peace lily menguning adalah tanaman terikat akar. Hal ini juga membuat tanaman mulai mengembangkan busuk akar serta mencegah bunga lili perdamaian mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya dari tanah. Akibatnya, daun peace lily menguning.

Untuk membantu penyembuhan tanaman, singkirkan busuk akar, lalu tanam kembali dalam wadah yang berukuran 2,5 sampai lima sentimeter lebih besar dari bola akarnya.

Penuaan

Ilustrasi tanaman peace lily.SHUTTERSTOCK/PHOTOLIFE_STYLE Ilustrasi tanaman peace lily.
Sama dengan manusia, tanaman peace lily juga bisa menua. Bunga lili perdamaian yang lebih tua mungkin akan lebih sering mengalami daun menguning daripada tanaman yang lebih muda.

Dalam kasus bunga lili yang menua, buang daun peace lily menguning ketika melihat pertumbuhan baru di belakangnya.

Hal ini tidak akan berlangsung selamanya, tetapi Anda dapat membantu tanaman berkembang selama masa hidupnya.  

Baca juga: Tips Merawat Bunga Peace Lily agar Tumbuh Subur dan Mekar

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com