Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengecat Furnitur Kayu tanpa Mengamplas Permukaan

Kompas.com - 03/11/2023, 19:36 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Living Etc

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengamplas adalah langkah yang direkomendasikan sebagian besar dekorator untuk memastikan hasil terbaik saat mengecat furnitur kayu.

Mengamplas furnitur kayu bisa menjadi pekerjaan melelahkan dan memakan waktu. Namun, sebenarnya, pengamplasan bukan langkah wajib dilakukan jika ingin mengecat furnitur kayu

Baca juga: 6 Warna Cat Ini Tidak Boleh Digunakan untuk Plafon, Kenapa?

Jika hanya ingin mengubah warna furnitur kayu tersebut, Anda dapat melewatkan proses pengamplasan dan ini bisa dilakukan dengan mudah. 

Langkah pertama adalah mempersiapkan dan membersihkan permukaan furnitur kayu. Hal ini penting dilakukan untuk mendapatkan hasil yang baik. 

Pertama, Anda perlu membersihkan permukaan furnitur kayu dari kotoran, debu, dan minyak dengan kain lap atau pembersih ringan. Gunakan pembersih berbahan trisodium phosphate (TSP) untuk menghilangkan minyak dan noda pada furnitur kayu. 

Baca juga: Tips Membersihkan Furnitur Kayu agar Terlihat Seperti Baru

Ilustrasi mengecat furnitur kayu.Shutterstock/Mariana Serdynska Ilustrasi mengecat furnitur kayu.
Setelah permukaan furnitur kayu bersih, aplikasikan primer lak yang dapat membantu cat baru melekat dengan baik pada furnitur. Primer lak membantu menutupi tanin dari kayu yang dapat merembes ke dalam cat. 

Selain membersihkan dan mempersiapkan permukaan furnitur kayu, jenis cat akhir yang Anda gunakan juga penting memastikan ketahanan cat.

Cindy Praesel, pemilik Five Star Painting of Waco—layanan pengecatan rumah asal Amerika Serikat (AS)—mengatakan cat yang Anda pilih harus cat yang didesain khusus untuk kayu agar tahan lama.

"Cat ini biasanya terbuat dari bahan yang lebih tebal dan memiliki daya tahan lebih baik," ucapnya dilansir dari Living Etc, Jumat (3/11/2023).  

Baca juga: 5 Furnitur yang Dapat Membuat Rumah Tampak Mewah 

Kristen Harrison, desainer interior di Bungalow 10 Interiors—layanan studio desain interior asal AS—mengatakan cat kapur adalah pilihan tepat dan aman untuk mengecat furnitur kayu.

Cat kapur terbuat dari bahan-bahan alami, seperti kapur, air, dan pigmen. Selain itu, cat kapur dapat menutupi permukaan furnitur kayu dengan sangat baik dan menciptakan hasil akhir matte yang indah. Namun, cat kapur tidak sekuat cat berbahan dasar minyak atau air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com