Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Warna Furnitur Kamar Tidur yang Harus Dihindari

Kompas.com - 26/08/2023, 08:45 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Ideal Home

JAKARTA, KOMPAS.com - Menciptakan suasana tenang dan nyaman di kamar tidur dapat menunjang tidur lebih cepat serta berkualitas.

Suasana ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya memilih warna furnitur kamar tidur yang tepat. 

Baca juga: 5 Cara Menata Kamar Tidur Kecil agar Lebih Besar dan Lapang

Hayley Thistleton, ahli tempat tidur dan tidur di Sleepseeker, mengatakan dalam menciptakan lingkungan tidur yang damai, warna-warna yang Anda pilih untuk furnitur kamar tidur bisa berdampak signifikan pada kualitas tidur secara keseluruhan.  

Sejumlah pakar tidur mengungkapkan ada beberapa warna yang harus dihindari saat membeli furnitur kamar tidur jika ingin menciptakan lingkungan yang lebih tenang dan meningkatkan kualitas tidur. 

Nah, dilansir dari Ideal Home, Sabtu (26/8/2023), berikut warna furnitur kamar tidur yang harus dihindari untuk menunjang istirahat yang nyenyak.  

Baca juga: 10 Kesalahan Penyimpanan Barang di Kamar Tidur yang Harus Dihindari

 

Warna-warna cerah atau cerah

Ilustrasi kamar tidur dengan warna cat merah.Shutterstock/Aquarius Studio Ilustrasi kamar tidur dengan warna cat merah.
Hayley menyarankan menghindari furnitur dan dekorasi dengan warna-warna cerah, seperti merah terang, hijau neon, atau biru elektrik.

"Warna-warna ini merangsang dan dapat menciptakan suasana energik atau gelisah, yang dapat menghalangi kemampuan Anda untuk rileks dan tertidur," jelasnya. 

Menguraikan lebih lanjut tentang warna merah, Martin Seeley, ahli tidur dan CEO di MattressNextDay menambahkan, meski merah adalah warna cinta dan tampak seperti warna yang baik untuk kamar tidur, ini terlalu kuat untuk furnitur kamar tidur.  

Penelitian telah menunjukkan merah memiliki pigmen sangat kuat sehingga dapat memicu agresi atau kemarahan, yang berlawanan dengan apa yang Anda inginkan saat tertidur.

Sebaliknya, untuk tidur, menginginkan perasaan tenang dan detak jantung melambat.

Jika ingin mengeksplorasi perasaan cinta dan gairah yang ditimbulkan warna merah, Devin Shaffer, desainer interior utama di Decorilla, menyarankan bereksplorasi dengan keluarga warna merah, seperti pink atau merah mudah, koral, dan magenta.  

Baca juga: 5 Kesalahan Mendekorasi Kamar Tidur yang Harus Dihindari

Abu-abu

Selanjutnya, warna furnitur kamar tidur yang harus dihindari adalah abu-abu. Ini mungkin mengejutkan banyak orang, mengingat warna abu-abu terasa seperti warna yang aman bagi banyak orang.

Namun, Martin Seeley dari MattressNextDay mengatakan menjadikan abu-abu sebagai warna pilihan untuk banyak rumah modern. Sayangnya, ini adalah salah satu warna terburuk yang bisa dipilih untuk furnitur kamar tidur.

Abu-abu adalah warna yang menekan dan tidak memiliki kehangatan, yang dapat memberikan efek depresi pada otak karena kesuramannya.

Warna ini juga merupakan warna yang diasosiasikan dengan hari hujan, menjadikannya warna terburuk bagi mereka yang menderita gangguan afektif musiman (SAD). 

Baca juga: 6 Barang yang Bisa Membuat Kamar Tidur Tampak Mewah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com