Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini Lokasi Terbaik Meletakkan Air Purifier di Rumah

Kompas.com - 03/11/2023, 15:17 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kualitas udara yang buruk di rumah bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, seperti alergi, sakit kepala, dan asma.

Kualitas udara yang buruk di rumah dapat disebabkan berbagai faktor, termasuk polusi udara, asap rokok dan masakan, bau, dan jamur. Untungnya, membersihkan udara di rumah mudah dilakukan. 

Baca juga: 5 Alasan Perlu Memiliki Air Purifier di Rumah Kecil

Air purifier atau pembersih udara merupakan solusi cepat dan efektif membersihkan polutan di udara serta meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan menjadi lebih bersih. 

Namun, ketika menggunakan air purifier di rumah, perlu meletakkannya di lokasi tepat agar bekerja optimal membersihkan udara di rumah. Lantas, di mana lokasi terbaik meletakkan air purifier di rumah? 

Dikutip dari Homes and Gardens, Jumat (3/11/2023), lokasi terbaik meletakkan air purifier di rumah adalah di tengah ruangan, jauh dari dinding dan furnitur besar. Hal ini dapat memastikan membersihkan udara secara merata di seluruh ruangan. 

Baca juga: Samsung Hadirkan 3 Produk Air Purifier, Kurangi Polusi Udara di Rumah

Ilustrasi air purifier di dalam ruangan. SHUTTERSTOCK/220 SELFMADE STUDIO Ilustrasi air purifier di dalam ruangan.
Di kamar tidur, lokasi terbaik meletakkan air purifier adalah sekitar 1,8 hingga tiga meter dari kepala kasur, tapi lokasi ideal adalah di seberang pintu kamar tidur. Hal ini dapat menarik udara dari seberang ruangan serta menyaringnya di dekat tempat tidur. 

 

Tentu saja, lokasi terbaik meletakkan air purifier bergantung pada cara penghuni rumah menggunakan ruangan, seperti tempat menghabiskan sebagian besar waktu di rumah, di antaranya ruang keluarga, ruang tamu, dan kamar tidur. 

Selain itu, sesuaikan ukuran air purifier dengan ruangan agar berfungsi dan mendapat manfaat yang maksimal.

Apabila ruangan berukuran besar, pertimbangkan membeli air purifier yang lebih besar atau  dua air purifier untuk menjangkau ruangan. 

Baca juga: 3 Tips Bebas Polusi Udara Saat WFH, Gunakan Air Purifier Berkualitas 

Pertimbangkan juga memasang air purifier di ruangan yang memiliki masalah kualitas udara. Misalnya, di ruangan yang lembap atau berjamur untuk membantu menghilangkan jamur serta bakteri.

Jika ingin memindahkan air purifier dari satu ruangan ke ruangan lainnya, penting  memastikan peralatan sudah mati sebelum melakukannya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com