Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gampang, Ini 5 Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap dari Sofa

Kompas.com - 02/11/2023, 09:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Sofa dapat secara perlahan mengembangkan bau tak sedap setelah bertahun-tahun digunakan atau cepat berbau jika terjadi noda dan tumpahan. 

Apa pun itu, jika Anda terjebak dengan sofa yang bau, jangan khawatir. Sebaliknya, bertindak cepat untuk menghilangkan bau dari sofa, baik terbatas pada area tertentu maupun sudah melekat di seluruh sofa. 

Baca juga: 4 Cara Membersihkan dan Menghilangkan Bau Apak pada Sofa

Untungnya, menghilangkan bau dari sofa ini mudah dilakukan dan dapat menggunakan bahan serta cara alami di rumah. 

Dikutip dari The Spruce, Kamis (2/11/2023), berikut cara menghilangkan bau tak sedap dari sofa.

Baking soda

Ilustrasi larutan baking sodaShutterstock Ilustrasi larutan baking soda
Baking soda dikenal sebagai bahan pembersih yang dapat menghilangkan bau tak sedap. Taburkan baking soda secara merata di seluruh sofa, beri perhatian ekstra pada bagian yang sering ditumpahkan atau diduduki hewan peliharaan.

Diamkan baking soda semalaman, lalu sedot semuanya keesokan paginya. Baking soda akan menyerap bau dan membuat sofa berbau lebih segar. 

Baca juga: 5 Cara Menata Dua Sofa di Ruang Keluarga agar Tampak Menarik

Jemur di bawah sinar matahari

Selanjutnya, cara menghilangkan bau tak sedap dari sofa adalah menjemurnya di bawah sinar matahari selamat satu atau dua hari. 

Sinar matahari dan udara segar dapat menghilangkan bau. Anda dapat membiarkan sofa berada di bawah sinar matahari setelah menaburkan baking soda di atasnya.

Namun, hindari menjemur sofa saat udara dipenuhi asap serta debu. 

Bersihkan sofa dengan uap

Pembersih uap adalah cara terbaik menghilangkan bau dan noda dari sofa secara bersamaan. Pembersih uap karpet portabel akan bekerja dengan baik pada pelapis sofa, seperti halnya steamer pakaian klasik.

Gerakkan pembersih uap secara perlahan di atas sofa dengan tekanan merata selama beberapa kali. Pastikan tidak merendam sofa karena dapat meninggalkan noda air.  

Baca juga: 3 Warna Sofa yang Dapat Membuat Ruang Keluarga Terlihat Lebih Besar

Cuci sarung bantal sofa

Ilustrasi bantal sofa. SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO Ilustrasi bantal sofa.
Cara menghilangkan bau tak sedap dari sofa berikutnya adalah mencuci sarung bantal sofa. Buka ritsleting sarung bantal sofa, lalu masukkan ke mesin cuci dengan detergen lembut dan 118 mililiter cuka. Cuka berfungsi melawan bau, sementara detergen membersihkan sarung bantal. 

Jalankan mesin cuci pada siklus lembut sehingga ritsleting tidak akan rusak dalam siklus putaran yang berat. Jangan mengeringkan sarung bantal sofa dengan mesin pengering karena panas yang tinggi dari mesin pengering dapat menyusutkan sarung sofa sehingga tidak mungkin dipasang kembali di atas bantal sofa. 

Sebagai gantinya, biarkan sarung bantal sofa sepenuhnya kering di udara di rak pengering. 

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap dari Sofa, Dijamin Berhasil

Gunakan pengharum ruangan

Terakhir, cara menghilangkan bau tak sedap dari sofa adalah menggunakan pengharum ruangah, terutama jika bau perbatas pada bagian tertentu sofa. 

Anda dapat membuatnya sendiri dengan menggabungkan satu sendok makan baking soda dengan 236 mililiter air dan setengah sendok teh minyak esensial favorit Anda ke dalam botol semprot. Kocok hingga semua bahan tercampur. 

Semprotkan campuran tersebut ke area sofa yang berbau, diamkan selama lima hingga 10 menit, lalu usapkan dengan lembut untuk menghilangkan kelembapan berlebih pada pelapis sofa dengan kain bersih.

Anda juga dapat menggunakan campuran ini untuk memberikan kesegaran pada sofa dengan menyemprotkannya ke seluruh bagian sofa.

Namun, jika bau cukup sulit dihilangkan,  perlu menggunakan pengharum ruangan yang dibeli di toko, terutama jika mencoba menghilangkan bau urine hewan peliharaan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com