Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Layar TV Bergaris dan Cara Memperbaikinya

Kompas.com - 30/10/2023, 19:08 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Lifewire


JAKARTA, KOMPAS.com – Layar TV bergaris merupakan salah satu masalah yang sering dijumpai pada alat elektronik ini.

Kondisi tersebut tentu sangat menjengkelkan, terlebih saat Anda sedang ingin menikmati tayangan favorit di televisi.

Tapi tak perlu risau, sebab layar TV yang bergaris ternyata masih bisa diperbaiki. Namun sebelum memperbaikinya, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu penyebab masalah tersebut.

Dilansir dari Lifewire, Senin (30/10/2023), berikut ini penyebab layar TV bergaris dan cara memperbaikinya.

Baca juga: Ragam Penyebab Layar TV LED Bergaris

Penyebab layar TV bergaris

Ilustrasi televisi layar datar.SHUTTERSTOCK / Africa Studio Ilustrasi televisi layar datar.

Salah satu indikator adanya kerusakan pada televisi yaitu munculnya garis-garis di layar alat elektronik ini. Ada TV yang bisa memunculkan garis horizontal dan ada juga yang memunculkan garis vertikal.

Bagian televisi yang menyebabkan garis horizontal yaitu panel LCD, board T-Con, atau row driver. Masalah pada bagian ini disebabkan oleh berbagai hal.

Apabila ada saluran baru, kemungkinan besar salah satu bagian ini ada yang rusak. Sambungan antar bagian TV yang terputus juga bisa menyebabkan garis horizontal.

Sementara itu, apabila Anda melihat layar TV bergaris horizontal dan berwarna, maka bisa saja ada kerusakan pada papan T-Con.

Selain itu, ada beberapa bagian televisi lain yang bisa menyebabkan TV bergaris. Berikut penjelasannya.

Baca juga: 5 Cara Merawat TV LED agar Awet dan Layarnya Tidak Bergaris

  • Kerusakan layar LCD

Perlu dipahami bahwa LCD merupakan bagian televisi yang membuat tampilan TV bercahaya. Apabila LCD bermasalah, maka bisa menyebabkan layar TV bergaris.

  • Kabel longgar

Selain akibat komponen yang rusak, layar TV bergaris juga bisa diakibatkan oleh kabel yang longgar. Kondisi ini bisa terjadi akibat TV terlalu sering dipindahkan. Selain membuat layar bergaris, kabel yang longgar juga bisa menyebabkan koneksi buruk.

  • Ada masalah pada perangkat lain yang disambungkan ke TV

Terkadang kita ingin menghubungkan perangkat lain ke televisi. Apabila perangkat tersebut tidak kompatibel dengan TV yang dimiliki, maka biasanya akan muncul garis pada layar atau masalah lain.

Baca juga: Cara Merawat TV LED agar Layarnya Tidak Bergaris

Cara memperbaiki layar TV bergaris

Jika mendapati layar TV bergaris, jangan panik. Sebab, Anda masih bisa memperbaiki masalah tersebut. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Ilustrasi TV di ruang keluarga.Shutterstock/Serhii Savchenko Ilustrasi TV di ruang keluarga.

  • Ubah pengaturan televisi

Cara termudah yang bisa dilakukan untuk memperbaiki layar TV bergaris yaitu mengubah pengaturan pada alat elektronik tersebut.

Langkah ini bisa dilakukan apabila penyebab layar bergaris bukan karena kerusakan. Cobalah untuk mengalihkan input TV dari port HDMI atau port AV yang berbeda.

  • Jalankan tes gambar

Biasanya, televisi memiliki fitur bawaan untuk mengetes gambar. Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk memperbaiki layar TV bergaris.

Baca juga: Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Memasang TV Layar Datar di Dinding

Akan tetapi, fitur ini tidak bisa dilakukan di semua televisi, jadi pastikan TV yang Anda miliki dilengkapi dengan fitur ini.

  • Cek layar LCD TV

Apabila terdapat kerusakan pada layar LCD, maka Anda perlu memperbaiki atau mengganti bagian tersebut. Langkah ini lebih murah dibandingkan dengan membeli TV baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com