Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/10/2023, 12:37 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.comLengkuas adalah salah satu rempah sekaligus tanaman obat yang banyak tumbuh di Indonesia. Tanaman ini dikenal juga dengan nama laos.

Lengkuas bisa tumbuh di dataran rendah hingga tinggi dengan ketinggian sekitar 1200 meter di atas permukaan laut.

Curah hujan yang dibutuhkan tanaman ini antara 2500 sampai 4000 mm/tahun dengan kelembapan sedang dan penyinaran tinggi.

Tanah yang cocok untuk menanam lengkuas yaitu tanah latosol merah coklat, andosol, dan aluvial dengan tekstur lempung berliat, lempung berpasir, lempung merah, dan lateristik.

Baca juga: Cara Membuat Fungisida Alami dari Jahe, Kunyit, Lengkuas, dan Kencur

Selain memperhatikan syarat tumbuhnya, tahapan budidaya lengkuas juga penting untuk diperhatikan. Dilansir dari buku Budidaya Tanaman Obat dan Rempah, Minggu (29/10/2023), berikut ini cara menanam lengkuas dengan mudah.

Pengolahan lahan

Ilustrasi rimpang lengkuasShutterstock/Minionmbois Ilustrasi rimpang lengkuas

Tahapan awal saat menanam lengkuas yaitu mengolah lahan yang akan ditanami. Pengolahan lahan dilakukan dengan cara menggemburkan tanah dan dibuat guludan.

Kemudian berikan pupuk kandang, kompos, dan pupuk buatan. Selain itu, berikan juga herbisida agar lahan tidak ditumbuhi gulma atau tanaman pengganggu.

Persiapan bibit

Bibit bisa diambil langsung dari kebun dan dipilih dari tanaman lengkuas yang sudah tua berumur sekitar 9 sampai 10 bulan.

Baca juga: Cara Menanam Temulawak di Pekarangan Rumah

Selain umur, bibit juga harus diambil dari tanaman sehat dengan kulit rimpan tidak terluka.

Rimpang lengkuas yang sudah dipanen kemudian disimpan selama 1 sampai 1,5 bulan. Lalu, patahkan lengkuas dengan setiap potongan memiliki 3 sampai 5 mata tunas.

Kemudian, jemur rimpang bibit dan potong bakal bibit. Lalu, masukkan bibit dalam karung dan celupkan bibit ke dalam larutan fungisida dan zat pengatur tumbuh selama satu menit.

Berikutnya, keringkan bibit dan masukkan ke dalam peti kayu. Namun, sebelum dimasukkan dalam peti, bagian peti kayu diberi abu gosok atau sekam padi terlebih dahulu. Setelah berumur 2 hingga 4 minggu, bibit sudah disemai.

Setelah disemai, bibit bisa ditanam di lahan. Bibit tersebut kemudian dimasukkan ke dalam karung dan celupkan dalam larutan fungisida selama 8 jam. Lalu, jemur 2 hingga 4 jam baru dan baru ditanam.

Baca juga: Tidak Sulit, Begini Cara Menanam Jahe di Pot

Penanaman

Bibit yang sudah disemai bisa langsung ditanam di lahan. Cara menanam lengkuas yaitu dengan meletakkan bibit ke dalam lubang tanam dan atur jarak tanam agar tidak rapat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com