Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/10/2021, 21:30 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Selain pohon-pohon besar seperti redwood dan oak, sekarang kita bisa menanam banyak spesies secara hidroponik, salah satunya tanaman herbal.

Meski demikian memilih jenis tanaman hidroponik juga tak boleh sembarangan. Terutama jika Anda bukan seorang ahli, Anda akan membutuhkan tanaman yang sudah teruji keberhasilannya pada media tanam hidroponik.

Melansir dari Gardenchores pada Jumat (8/10/2021) berikut ini jenis tanaman herbal yang cocok ditanam pada media hidroponik.

Baca juga: 8 Tanaman Herbal yang Mudah Ditanam di Dalam Ruangan

Daun bawang

Daun bawang sangat cocok untuk ditanam di media hidroponik. Ukurannya kecil dan dapat tumbuh dengan cepat.

Bahkan, Anda bisa mulai memanen hanya 2 minggu setelah ditanam. Sehingga tanaman ini cocok untuk pemula.

Jadi, jika Anda menginginkan ramuan yang mudah tumbuh, menyenangkan, kaya rasa maka daun bawang adalah pilihan yang tepat.

Baca juga: 6 Kesalahan yang Dilakukan Saat Merawat Tanaman Herbal Dalam Ruangan

Mint

Mint adalah ramuan lain yang cocok dan mudah ditanaman menggunakan media hidroponik. Anda bisa meletakkannya di dekat jendela sebelah dapur. Mint memiliki rasa dan aroma yang sangat kuat dan tajam.

Selain itu, ia juga punya manfaat yang berlimpah, misalnya, mencegah mual, membantu pencernaan dan menghilangkan masuk angin. Tak hanya itu, tanaman mint juga bisa mengusir nyamuk dan serangga pengganggu lainnya.

Baca juga: 5 Manfaat Menanam Tanaman Herbal di Rumah

Lemon balm

Ilustrasi tanaman Lemon Balm.PIXABAY/ZRENATE Ilustrasi tanaman Lemon Balm.

Lemon balm adalah ramuan super segar, obat dan lemon dalam rasa dan aroma. Jika Anda menginginkan ramuan yang lembut dan segar ini tetapi Anda tidak ingin mencarinya di toko, kesempatan terbaik Anda adalah menanamnya secara hidroponik.

Selain itu, tanaman herbal ini juga siap panen dalam hitungan minggu. Aturan tidak tertulisnya adalah mulai memanen segera setelah daun bagian bawah mulai menguning.

Baca juga: 6 Bunga yang Dapat Menjadi Tanaman Hias dan Herbal

Seledri

Banyak orang mengatakan bahwa tak lengkap rasanya memasak tanpa daun seledri. Tanaman ini cocok ditanam dengan media hidroponik dan dapat dipetik dalam waktu 6 minggu.

Selain itu, tanaman ini juga bisa bertahan berbulan-bulan di dalam kulkas. Anda hanya perlu memotongnya sekitar 1/2 inci dari pangkal dengan pisau maka ia akan terus tumbuh.

Baca juga: Ragam Tanaman Herbal yang Bisa Ditanam di Rumah Beserta Manfaatnya

Kemangi

Kemangi dan hidroponik adalah pasangan yang cocok dalam dunia tanaman. Ramuan ini, merupakan tanaman wajib dalam berbagai masakan bahkan sebagai lalapan.

Segera setelah Anda memetiknya, ia akan mulai kehilangan aroma dan rasanya yang luar biasa.

Inilah sebabnya mengapa kemangi harus selalu dalam keadaan segar dan baru dipetik agar aromanya bertahan kuat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com