Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/10/2023, 16:33 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seprai kusut adalah salah satu masalah mencuci yang dialami saat mengeringkannya di mesin pengering.

Seprai kusut dapat mengurangi tampilan seprai yang membuatnya kurang menarik. Merapikan seprai yang kusut kembali halus memerlukan tenaga ekstra dan waktu. 

Baca juga: Perbedaan Seprai Sutra dan Satin, Mana Terbaik untuk Tidur?

Ada beberapa penyebab seprai kusut setelah mencucinya di mesin pengering, salah satu paling umum adalah suhu mesin pengering terlalu panas. Suhu terlalu tinggi dapat menyebabkan kain menyusut dan lebih rentan kusut.

Selain itu, penggunaan detergen dengan kekuatan keras dapat menyebabkan seprai kusut serta meninggalkan residu yang membuat kain lebih licin. Namun, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah seprai kusut sejak awal.

Dilansir dari Real Simple, Rabu (25/10/2023), berikut lima cara mencegah seprai kusut di mesin pengering.

Menggoyangkan seprai sebelum memasukkannya

Ilustrasi mesin cuci terlalu penuhSHUTTERSTOCK/NITO Ilustrasi mesin cuci terlalu penuh
Kathy Cohoon, pakar kebersihan rumah dari Two Maids–waralaba kebersihan asal Amerika Serikat–mengatakan menggoyangkan seprai sebelum memasukkannya ke mesin pengering  mudah menjadi cara mencegah seprai kusut.

Hal ini membantu menghilangkan lipatan dan kerutan yang dapat menyebabkan seprai kusut. Penting  hanya memasukkan seprai saja agar mesin pengering memiliki ruang untuk bergerak dan seprai tidak mudah kusut. 

Baca juga: 4 Cara Mencuci Seprai Sutra agar Tetap Lembut dan Tahan Lama

Ambil jeda waktu

Ada baiknya mengambil jeda waktu saat proses pengeringan seprai. Jeda waktu ini dapat membantu mencegah seprai menjadi terlalu kering dan rapuh.

Saat seprai dikeringkan secara berlebihan, serat-seratnya dapat menjadi kering dan rapuh serta membuatnya lebih mudah sobek dan rusak.

Seprai yang baru dicuci sering kali memiliki bau apak. Jeda waktu dapat membantu menghilangkan bau apek ini secara alami dan menjaga warna seprai tetap cerah.

Jeda waktu yang harus diambil saat mengeringkan seprai tergantung pada beberapa faktor, seperti jenis seprai, suhu pengering, dan tingkat kelembapan udara. Secara umum, Anda dapat mengambil jeda waktu selama 15-30 menit. 

Baca juga: 5 Kesalahan Saat Membeli Seprai yang Harus Dihindari

Tambahkan bola pengering atau bola tenis

Selanjutnya, cara mencegah seprai kusut di mesin pengering adalah menambahkan bola pengering dan bola tenis.

Bola pengering dan bola tenis bekerja dengan cara sama, yaitu membantu memisahkan kain seprai di pengering, sehingga dapat mengurangi kusut pada seprai. 

Bola pengering terbuat dari material wol lembut sehingga tidak akan merusak kain. Bola tenis terbuat dari karet yang lebih keras, tetapi dapat meninggalkan residu pada kain yang dapat menyebabkan kusut.

Jika menggunakan bola tenis, pastikan menggunakan bola yang bersih. 

Baca juga: Cara Mencuci Seprai Putih agar Kembali Kinclong

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com