Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Membasmi Kutu Putih, Pakai Alkohol hingga Sabun Cuci Piring

Kompas.com - 24/10/2023, 20:18 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu aspek perawatan tanaman adalah membasmi hama. Salah satu hama yang sering menyerang tanaman dan harus segera dibasmi adalah kutu putih.

Dikutip dari The Spruce, Selasa (24/10/2023), kutu putih adalah serangga penghisap getah berbentuk oval dan kecil yang berkerabat dengan serangga scale. Kutu putih berukuran sepersepuluh hingga seperempat inci dan mengeluarkan zat lilin berbentuk tepung sebagai lapisan pelindung.

Lapisan kutu putih tampak seperti kapas berwarna putih, sehingga mudah dikenali ketika muncul di batang dan daun tanaman.

Baca juga: Cara Membasmi Kutu Putih Pakai Bumbu Dapur, Mudah Dilakukan

Ilustrasi kutu putih, hama kutu putih pada tanaman.SHUTTERSTOCK/SPACE CREATOR Ilustrasi kutu putih, hama kutu putih pada tanaman.

Di iklim yang lebih hangat, hal ini dapat menimbulkan masalah serius bagi seluruh tanaman.

Kutu putih cenderung tertarik pada tanaman tertentu yang kaya akan sari buah. Kutu putih dapat menyerang sejumlah tanaman dalam ruangan, khususnya tanaman hias tropis.

Kutu putih tertarik pada tanaman dengan tingkat nitrogen tinggi dan pertumbuhan lemah. Kutu putih mungkin muncul jika Anda menyiram dan memberi pupuk berlebihan pada tanaman.

Menyiram dan memberi pupuk tanaman dengan benar tidak hanya menurunkan risiko tanaman terserang kutu putih, namun juga penting untuk mencegah penyakit tanaman.

Baca juga: Cara Membasmi Kutu Putih pada Tanaman, Semprotkan Sabun Cair

Infestasi kutu putih yang ringan mudah untuk dihilangkan, namun infestasi yang berat bisa jadi lebih sulit.

Infestasi kutu putih ringan terjadi ketika Anda mendeteksi beberapa kutu putih dan kumpulan telurnya yang berwarna putih seperti kapas pada tanaman.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com