Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Membersihkan Dinding Putih, Bisa Pakai Sabun Cuci Piring

Kompas.com - 22/10/2023, 14:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber The Spruce


JAKARTA, KOMPAS.com – Dinding berwarna putih membuat rumah terlihat cerah dan terang. Namun, seiring berjalannya waktu, cat putih bisa berubah menjadi kusam dan kotor.

Untuk menjaga agar dinding putih tetap cerah, maka Anda perlu rutin membersihkan area tersebut. Dinding biasanya dibersihkan hanya sekali saat pembersihan mendalam atau sebelum ada acara penting.

Namun, karena dinding putih lebih cepat berdebu, maka dinding putih perlu dibersihkan paling tidak dua kali sekali setahun atau saat terdapat noda yang menempel.

Baca juga: Cara Membersihkan Dinding tanpa Menghilangkan Cat

Apabila di rumah ada anak-anak atau hewan peliharaan, maka dinding putih perlu lebih sering dibersihkan. Dilansir dari The Spruce, Minggu (22/10/2023), berikut ini tips membersihkan dinding putih dengan mudah menggunakan bahan yang ada di rumah.

Alat dan bahan

Ilustrasi membersihkan dinding berwarna putihShutterstock/89stocker Ilustrasi membersihkan dinding berwarna putih

  • Spons
  • Handuk atau lap mikrofiber
  • Handuk kertas
  • Pembersih serba guna
  • Sabun cuci piring
  • Soda kue
  • Cuka

Bersihkan debu terlebih dahulu

Setelah alat dan bahan tersedia, langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu membersihkan debu terlebih dahulu dari langit-langit sampai lantai.

Baca juga: Gampang, Ini 6 Langkah Membersihkan Dinding Putih

Anda bisa membersihkan debu menggunakan handuk atau kain mikrofiber. Kemudian, bilas kain dan peras agar noda tidak menempel pada kain lap yang digunakan.

Gunakan pembersih serba guna

Pembersih serbaguna bisa digunakan untuk membersihkan noda yang menempel di dinding putih. Anda bisa memilih pembersih serbaguna yang teksturnya hampir seperti sabun.

Pembersih serbaguna bisa disemprotkan ke area bernoda agar efektif. Lalu, seka menggunakan spons. Gosok perlahan agar noda terangkat, lalu keringkan dinding menggunakan lap.

Bersihkan menggunakan sabun cuci piring

Selain menggunakan pembersih serbaguna, Anda juga bisa memanfaatkan sabun cuci piring untuk menghilangkan noda yang menempel pada dinding putih. Oleskan sedikit sabun cuci piring pada noda.

Baca juga: Ragam Cara Membersihkan Dinding dengan Aman dan Mudah

Kemudian, basahi spons lembut untuk membersihkan noda pada dinding. Gosok noda menggunakan spons lembap.

Lalu, diamkan selama beberapa manis dan seka dengan kain mikrofiber basah. Jika noda belum hilang, ulangi langkah tersebut beberapa kali.

Membersihkan dinding putihShutterstock/FotoDuets Membersihkan dinding putih

Menggunakan pasta soda kue

Tips membersihkan dinding putih juga bisa menggunakan pasta soda kue. Ambil sedikit soda kue dan air, lalu aduk sampai membentuk pasta.

Oleskan pasta pada noda yang menempel di dinding. Diamkan selama beberapa menit. Setelah itu, bersihkan noda menggunakan kain mikrofiber basah atau handuk kertas.

Baca juga: 6 Cara Membersihkan Dinding Tanpa Merusak Cat

Jika noda masih ada atau ingin menghilangkan bau tak sedap pada dinding, cobalah untuk membuat pasta soda kue dengan cuka sebagai pengganti air.

Tips agar dinding putih selalu bersih

Selain rutin membersihkan noda yang menempel pada dinding, Anda juga perlu rutin menyedot debu pada dinding untuk menghindari penumpukan kotoran di dinding.

Jika Anda menggunakan kipas angin yang menempel di dinding, maka kipas angin juga perlu rutin dibersihkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com