Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/08/2022, 18:13 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Real Homes

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinding yang telah bertahun-tahun tidak dibersihkan dapat menumpuk beragam kotoran, debu, dan sarang laba-laba. 

Tentu saja, kondisi ini membuat rumah kotor dan tampak tidak terawat, bahkan berdampak buruk pada kesehatan.

Untungnya, membersihkan dinding terbilang cukup mudah. Dilansir dari Real Homes, Selasa (30/8/2022), berikut cara membersihkan dinding rumah yang kotor. 

Baca juga: Pilihan Warna yang Cocok Dikombinasikan dengan Cat Dinding Merah 

Kain bebas serat 

Ilustrasi dinding, ilustrasi membersihkan dinding, ilustrasi noda, ilustrasi noda di dinding.SHUTTERSTOCK / VH-studio Ilustrasi dinding, ilustrasi membersihkan dinding, ilustrasi noda, ilustrasi noda di dinding.
Langkah pertama adalah membersihkan kotoran terlebih dulu sebelum mulai pembersihan.  Jika tidak, Anda hanya akan menyebarkan kotoran.

Gunakan kain bebas serat untuk membersihkan dinding. Seka bagian dari atas ke bawah dan pel debu untuk area yang tinggi.  

Baca juga: Cara Menghilangkan Jamur di Dinding Pakai Cuka

Gunakan detergen lembut

Selanjutnya, buat larutan pembersih dalam ember menggunakan air dan detergen pembersih paling lembut. Gunakan spons terlembut untuk mengaplikasikan larutan ke dinding, tapi jangan terlalu merendam spons.

Peras spons dengan benar sebelum membersihkan dinding karena tetesan air berpotensi meninggalkan noda air pada dinding, lalu biarkan selama lima sampai 10 menit.

Selajutnya, siapkan mangkuk atau ember kedua berisi air bersih untuk membilas larutan sabun yang menempel pada dinding. 

Bisa pula menggunakan pel spons untuk melakukan ini sehingga memberi Anda jangkauan yang lebih baik.   

Baca juga: Cat Dinding Warna Hangat dan Warna Dingin, Apa Perbedaannya?

Bersihkan noda dengan cuka

Ilustrasi cuka, air cuka untuk mengusir laron.SHUTTERSTOCK/KAI KEISUKE Ilustrasi cuka, air cuka untuk mengusir laron.
Butuh sesuatu yang sedikit lebih kuat? Cuka putih bisa menjadi pilihannya. Cuka putih bisa membersihkan noda membandel atau dinding yang sangat kotor.

Caranya, cukup campurkan secangkir cuka putih dan seember penuh air hangat, lalu gunakan spons lembut untuk menghilangkan noda. Tidak perlu dibilas setelahnya. 

Baca juga: 3 Pilihan Penutup Dinding Selain Menggunakan Cat

Gunakan baking soda dan air

Punya beberapa noda yang tidak mau hilang? Baking soda bisa membantu membersihkannya. Caranya, campurkan air dan soda bikarbonat atau baking soda, lalu celupkan kain lembut atau handuk.

Campuran larutan ini bisa membersihkan noda krayon atau pena. Namun, sebelum melakukannya, uji terlebih dulu padaarea tersembunyi sebelum menerapkannya ke bagian dinding yang terlihat. 

Baca juga: Cara Mudah Memilih Finishing Cat Dinding untuk Dapur 

Tisu bayi 

Tisu bayi dan penghapus make-up bagus untuk menghilangkan noda kotor yang menempel pada dinding. Pilih yang biodegradable dan jangan dibuang ke kloset agar ramah lingkungan. 

Vaccum cleaner untuk permukaan dinding matt

Ilustrasi membersihkan karpet, ilustrasi vacuum cleaner, Ilustrasi membersihkan bulu hewan peliharaan pada karpet.Shutterstock/Lucky Business Ilustrasi membersihkan karpet, ilustrasi vacuum cleaner, Ilustrasi membersihkan bulu hewan peliharaan pada karpet.
Vacuum cleaner atau penyedot debu dapat membersihkan permukaan dinding dengan cat matt halus.

Sementara cat yang lebih kuat dan mengkilap dapat dibersihkan dengan larutan sabun dan air, sedangkan jenis cat matt yang tidak dapat dicuci harus dibersihkan menggunakan vaccum cleaner.

Gunakan lampiran sikat lembut untuk hasil terbaik dan mencegah wallpaper robek saat  membersihkannya dan lakukan dengan lembut. 

Baca juga: Rekomendasi Warna Cat Dinding Berdasarkan Gaya Interior Ruangan 

Semprotan pembersih untuk cat lateks

Jika dinding menggunakan cat lateks, kabar baiknya adalah Anda tidak memerlukan pembersih khusus dinding. Anda hanya perlu semprotan pembersih serbaguna dan beberapa kain untuk membersihkannya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com