Kompas.com - 17/08/2022, 18:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengaplikasian cat merupakan cara umum yang dilakukan banyak orang untuk melapisi permukaan dinding interior rumah.

Namun, perlu diketahui bahwa ada pilihan lain yang dapat digunakan untuk melapisi atau menutupi dinding interior rumah agar tampak lebih menarik.

Tarun Chandru, selaku Interior Design LT Pro Concept, mengatakan bahwa ada tiga kategori wall covering (penutup dinding) yang dapat digunakan untuk menutup permukaan dinding interior.

Baca juga: 5 Langkah Memasang Wallpaper di Permukaan Dinding Kayu

"Untuk wall covering (penutup dinding) dia kategorinya ada wallpaper, kedua wallpanel, ketiga itu wallsticker, urutannya begitu" jelas Chandru ketika dihubungi Kompas.com, Rabu (17/8/2022).

Ilustrasi memasang wallpaperFREEPIK.COM/EDEDCHECHINE Ilustrasi memasang wallpaper
Wallpaper

Dibandingkan wallpanel dan wallsticker, wallpaper adalah penutup dinding pertama yang sudah ada sejak lama.

Chandru mengatakan kalau wallpaper terbuat dari bahan bertekstur kertas dengan varian motif beragam, mulai dari emboss (teknik finishing proses cetak tinggi yang memberikan efek timbul pada bagian tertentu di permukaan kertas), leather (kulit), dan bisa juga custom.

"Wallpaper yang ada di pasaran saat ini terbagi dari dua ukuran yang berbeda, yakni wallpaper standar (standart wallpaper) dengan lebar 50 cm × 1000 cm dan ukuran lebih besar (bigger size) dengan lebar 105 cm × 1575 cm," kata Chandru.

Baca juga: 3 Kesalahan yang Harus Dihindari Sebelum Memasang Wallpaper ke Dinding

Asal muasal wallpaper sendiri dikatakan Chandru berasal dari negara Eropa, yang mana mereka mengeluarkan desain dengan julukan seperti damask collection.

Terkait kisaran harga wallpaper, ini bisa berbeda-beda tergantung dari masing-masing jenisnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.