Kompas.com - 19/08/2022, 20:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna adalah salah satu aspek terpenting dari desain rumah. Warna dapat menciptakan suasana hati.

Selain itu, warna bahkan dapat membuat Anda bahagia, menghilangkan stres, dan membantu Anda tidur nyenyak.

Dikutip dari The Spruce, Jumat (19/8/2022), desainer interior selalu menggunakan istilah seperti warna hangat dan warna dingin. Namun, apa perbedaan antara warna hangat dan warna dingin?

Baca juga: 4 Warna Cat Netral yang Menambah Nilai Jual Rumah, Apa Saja?

 

Ilustrasi kamar tidur dengan nuansa warna merah. SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO Ilustrasi kamar tidur dengan nuansa warna merah.

Warna hangat

Warna-warna hangat terdiri dari oranye, merah, kuning, dan kombinasi dari warna-warna tersebut dan warna-warna serupa. Seperti namanya, warna ini cenderung membuat Anda memikirkan hal-hal hangat, seperti sinar matahari.

Secara visual, warna-warna hangat terlihat seolah-olah mendekat, atau maju. Itulah sebabnya warna-warna tersebut sering digunakan untuk membuat ruangan besar tampak lebih nyaman.

Jika Anda memiliki kamar tidur berukuran besar yang ingin terlihat lebih intim, cobalah mengecat dinding dengan warna hangat seperti terakota atau coklat agar terasa lebih nyaman.

Warna dingin

Warna-warna dingin ditandai dengan warna biru, hijau, dan ungu muda. Warna ini bisa memberikan efek menenangkan dan sejuk.

Baca juga: 3 Warna Cat Kamar Tidur yang Lembut dan Menenangkan

Sementara warna hangat mengingatkan Anda tentang panas dan sinar matahari, warna dingin mengingatkan Anda pada air dan langit, bahkan es dan salju. Tidak seperti warna-warna hangat, warna-warna dingin terlihat seolah-olah memudar, sehingga cocok untuk ruangan sempit agar tampak lebih luas.

Jika Anda memiliki kamar tidur kecil yang ingin Anda perbesar secara visual, coba cat dinding dengan warna seperti biru muda agar tampak lebih luas.

Halaman:
Sumber The Spruce


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.