Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/10/2023, 12:53 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber The Spruce


JAKARTA, KOMPAS.comLampu kristal merupakan salah satu alat penerangan yang membuat ruangan lebih cerah, terutama di malam hari. Selain itu, bentuk yang cantik membuat lampu ini bisa dimanfaatkan sebagai elemen dekorasi.

Lampu kristal akan membuat ruangan terlihat lebih elegan. Bentuk dan desain lampu gantung kristal kini sangat beragam, sehingga bisa disesuaikan dengan desain interior rumah.

Apapun bentuknya, lampu ini perlu rutin dibersihkan karena lama kelamaan akan terjadi penumpukan debu dan kotoran. Lampu kristal perlu dibersihkan setidaknya seminggu sekali. Namun, pembersihan mendalam bisa dilakukan satu tahun dua kali.

Baca juga: Cara Membersihkan Kap Lampu agar Bebas Debu

Dilansir dari The Spruce, Minggu (22/10/2023), berikut ini cara membersihkan lampu kristal dengan mudah.

Alat dan bahan yang perlu disiapkan

  • Tangga atau bangku yang kokoh
  • Kain pelapis
  • Kain mikrofiber
  • Botol semprot
  • Kemoceng
  • Isopropil alkohol
  • Air suling

Ilustrasi membersihkan lampu gantung kristalShutterstock/Victoria OM Ilustrasi membersihkan lampu gantung kristal

Siapkan area kerja

Sebelum membersihkan lampu gantung, singkirkan terlebih dahulu furnitur atau benda lain yang ada di bawah lampu gantung. Kemudian, alasi lantai dengan kain agar tetesan air tidak langsung mengenai lantai.

Baca juga: Simak, Ini Cara Membersihkan Kap Lampu agar Tak Menampung Debu

Tempatkan juga tangga atau bangku di salah satu cici lampu. Pastikan tangga atau bangku cukup tinggi, sehingga Anda bisa menjangkau lampu dengan mudah.

Matikan lampu kristal yang akan dibersihkan

Lampu kristal yang akan dibersihkan perlu dimatikan terlebih dahulu. Tujuannya untuk menghindari kecelakaan kerja selama membersihkan lampu tersebut.

Bersihkan lampu dengan kemoceng

Cara membersihkan lampu kristal selanjutnya yaitu membersihkan debu yang menempel menggunakan kemoceng. Bersihkan secara perlahan agar lampu gantung tidak rusak.

Buat larutan pembersih

Anda bisa membuat larutan pembersih lampu menggunakan campuran isopropil alkohol dan air suling. Campurkan dua bahan tersebut dalam botol semprot agar lebih mudah saat diaplikasikan.

Baca juga: Cara Membersihkan Sakelar Lampu di Rumah agar Tak Jadi Sarang Kuman

Selain membersihkan, campuran kedua bahan tersebut bisa menjaga kristal tetap berkilau dan cantik.

Bersihkan lampu menggunakan larutan pembersih buatan

Setelah larutan pembersih dibuat, langkah selanjutnya yaitu menyemprotkan larutan tersebut ke kain. Jangan semprotkan larutan pembersih langsung ke lampu karena bisa merusak permukaan lampu.

Kemudian, seka sisi kristal menggunakan kain mikrofiber tersebut. Bersihkan seluruh bagian lampu menggunakan kain lembap dan pastikan seluruh bagian lampu bersih. Terakhir, keringkan lampu dengan kain kering dan bersih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com