Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/10/2023, 09:15 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam tanaman pendamping adalah metode organik untuk mengendalikan hama dan penyakit di kebun sayur. 

Metode ini dapat membantu tanaman sayur tetap sehat, meningkatkan hasil panen, mencegah penyakit hawar, dan masalah lain yang dapat mempengaruhi tanah kebun. 

Baca juga: 3 Cara Membuat Tanaman Okra Tumbuh Subur Dalam Waktu Singkat

Meski ada data ilmiah yang mengkonfirmasi manfaat dari tanaman pendamping, cukup meyakinkan untuk mengetahui bahwa sebagian besar saran ini berasal dari para tukang kebun yang sudah lama berkecimpung di dunia pertanian dan telah melihat keefektifan metode ini.

Salah satu tanaman sayur yang mendapat manfaat dari tanaman pendamping adalah okra. Okra (Abelmoschus esculentus) adalah tanaman sayur yang tampaknya menginspirasi rasa suka atau benci, tetapi tidak pernah acuh tak acuh.

Okra memiliki tekstur agak berlendir saat dimasak, tetapi hal ini dapat diatasi dengan cara dipanggang atau metode lainnya. Ini adalah bahan penting dalam gumbo dan sari buahnya yang kaya digunakan untuk mengentalkan saus. 

Baca juga: 6 Kesalahan Menanam Tanaman Sayur yang Sering Dilakukan

Jadi, karena alasan itu saja, tanaman okra memiliki kekuatan bintang dan bunga yang mencolok. 

Okra dapat mentoleransi beberapa kondisi kekeringan, tetapi dalam cuaca panas, pastikan tanaman mendapatkan setidaknya 2,5 sentimeter air per minggu.

Tanah yang dikeringkan dengan baik juga penting untuk tanaman okra. Beberapa tanaman  pendamping terbaik untuk okra adalah tanaman yang membutuhkan banyak air. 

Dilansir dari The Spruce, Sabtu (21/10/2023), berikut sejumlah tanaman pendamping terbaik untuk okra.  

Mentimun 

Ilustrasi tanaman mentimun.Shutterstock/Tortoon Ilustrasi tanaman mentimun.
Tanaman mentimun menyukai air dan tanah yang subur, seperti halnya okra, jadi keduanya akan tumbuh  baik berdampingan.

Namun, jangan menanam mentimun dan okra terlalu dekat karena mentimun merambat serta membutuhkan banyak sinar matahari untuk matang.  

Baca juga: 6 Tanaman Sayur yang Dapat Ditanam di Tempat Teduh Sebagian

Tanaman cabai 

Cabai juga menjadi tanaman pendamping terbaik untuk okra. Tanaman cabai akan mengusir cacing kubis, yang bisa menjadi gangguan yang merusak tanaman okra. 

Melon 

Selanjutnya, tanaman pendamping terbaik untuk okra adalah melon. Baik okra maupun melon sama-sama membutuhkan banyak sinar matahari dan air.

Tanamlah di sisi timur okra agar melon mendapat manfaat dari sinar matahari pagi atau di sisi barat untuk mendapatkan sinar matahari sore sehingga ada banyak ruang untuk tanaman merambat.  

Baca juga: 6 Tanaman Sayur yang Tumbuh Subur di Dalam Ruangan, Bisa Panen Terus

Kemangi 

Ilustrasi tanaman kemangi di potShutterstock/PandaStudio Ilustrasi tanaman kemangi di pot
Menanam kemangi di dekat tanaman okra juga bermanfaat. Aroma kemangi yang kuat dapat mengusir sejumlah hama yang menyukai tanaman okra, termasuk kumbang kutu, kutu busuk, tungau laba-laba, kutu daun, dan lalat putih.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com