Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Membuat Tanaman Okra Tumbuh Subur Dalam Waktu Singkat

Kompas.com - 15/09/2023, 08:10 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Okra adalah tanaman sayur yang tumbuh produktif di kebun. Begitu mulai menghasilkan polong, Anda harus memeriksa okra setiap hari karena tanaman akan terus berproduksi dan polongnya akan cepat matang.

Okra dapat tumbuh di berbagai kondisi dan jenis tanah, asalkan menghindari suhu dingin dan teduh untuk menghasilkan polong. 

Baca juga: 5 Penyebab Daun Tanaman Cabai Menguning dan Cara Mengatasinya

Untuk membuat tanaman okra menghasilkan lebih banyak polong, Anda harus mengoptimalkan kondisi pertumbuhannya, memberi okra nutrisi yang cukup sepanjang musim tanam, dan mempertimbangkan menanam varietas dengan potensi hasil lebih tinggi.

Dikutip dari Bountiful Gardener, Kamis (15/9/2023), berikut cara membuat tanaman okra tumbuh subur dalam waktu singkat. 

Pastikan kondisi tumbuh okra optimal (matahari, ruang, tanah, dan air)

Ilustrasi tanaman okra.Shutterstock/Hari Mahidhar Ilustrasi tanaman okra.
Selama tidak berada di tempat dingin, tanaman okra adalah sayuran yang cukup kuat. Namun, selam mendapatkan sinar matahari dan ruang yang cukup, tanah yang baik, dan air cukup dapat membuat perbedaan antara panen yang sederhana serta hasil panen melimpah.  

Baca juga: 5 Pupuk Alami untuk Tanaman Tomat dan Cara Menggunakannya

  • Matahari

Okra adalah tanaman cuaca hangat serta membutuhkan banyak sinar matahari dan kehangatan untuk hasil panen optimal.

Tanaman okra membutuhkan sinar matahari penuh, setidaknya enam jam sinar matahari langsung tanpa filter untuk memastikan produksi polong yang produktif.

Jika tinggal di iklim utara, pastikan menanam okra di tempat yang mendapatkan sinar matahari penuh sepanjang hari.

Tanaman okra tumbuh subur di tempat hangat dan benar-benar berkembang pesat dalam cuaca panas.  

Baca juga: 3 Cara Mengetahui Cabai Rawit Sudah Siap Dipanen

  • Ruang 

Selanjutnya, cara membuat tanaman okra tumbuh subur adalah memastikan menanamnya di ruang yang cukup. Okra yang ditanam terlalu berdekatan atau di dalam pot yang terlalu kecil tidak akan menghasilkan banyak polong atau polong lebih kecil secara keseluruhan.

Persyaratan jarak yang memadai untuk barisan okra di dalam tanah adalah 30-60 sentimeter. Untuk hasil panen okra yang ditanam di dalam pot, tanamlah setidaknya dalam wadah berukuran 15 liter untuk memaksimalkan ukuran dan hasil panen.  

Pastikan juga tanaman okra bebas gulma. Buang gulma di sekitar tanaman okra, terutama saat masih muda. Pada musim panas, okra dewasa akan tumbuh lebih besar dari banyak gulma, tetapi Anda tetap harus menyiangi petak okra untuk memastikan tidak ada persaingan nutrisi dan air. 

Baca juga: Mudah, Begini Cara Menanam Terong dari Biji

  • Tanah

Ilustrasi tanaman okra.Shutterstock/NirmalSinghRajpoot Ilustrasi tanaman okra.
Okra tumbuh paling baik di tanah subur, gembur, dan berdrainase baik. Meski tanah berpasir dan ringan sangat ideal untuk okra, tanah tersebut harus diberi bahan organik untuk meningkatkan retensi nutrisi dan air.

Selain itu, dapat menanam tanaman okra di tanah liat yang berat, tetapi juga perlu mengubahnya dengan bahan organik, seperti kompos, untuk membantu meringankan tanah sekaligus memberikan lebih banyak nutrisi sehingga memungkinkan hasil lebih tinggi.

  • Air

Memastikan jumlah air menjadi cara membuat tanaman okra tumbuh subur. Okra membutuhkan penyiraman teratur dan merata untuk hasil konsisten.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com