Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Trik Efektif Membersihkan Rumah pada Tengah Minggu

Kompas.com - 18/10/2023, 18:43 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki rumah yang bersih dan rapi tentu menjadi impian setiap orang. Rumah yang bersih dan rapi juga membuat penghuninya merasa nyaman dan betah serta terhindari dari penyakit.  

Karena itu, membersihkan rumah menjadi salah satu pekerjaan yang wajib dilakukan secara rutin. Namun, bagi sebagian orang, membersihkan rumah bisa menjadi pekerjaan yang malas untuk dilakukan, terlebih jika sibuk. 

Baca juga: 5 Kebiasaan Membersihkan Rumah yang Berdampak Buruk

Bahkan, ketika akhir pekan pun, banyak orang memilih menikmati waktu bersantai daripada membersihkan rumah.

Jangan khawatir karena Anda dapat memanfaatkan waktu di tengah minggu yang panjang untuk membersihkan rumah secara mudah dan ringan. 

Dilansir dari Homes and Gardens, Rabu (18/10/2023), berikut enam trik efektif membersihkan rumah pada tengah minggu sehingga dapat menikmati akhir pekan dengan santai. 

Baca juga: 5 Aturan Membersihkan Rumah yang Tidak Perlu Diikuti

Buat pembagian tugas pembersihan

Ilustrasi alkohol untuk membersihkan rumah.Shutterstock/Nitiphonphat Ilustrasi alkohol untuk membersihkan rumah.
Dengan membagi tugas pembersihan menjadi sesi-sesi yang lebih kecil dan terfokus, hal ini akan membuat Anda lebih mudah menyelesaikannya tanpa merasa kewalahan.

Anda dapat menyesuaikan pembagian jadwal pembersihan ini sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup. Misalnya, jika memiliki banyak waktu pada pagi hari, manfaatkan waktu tersebut untuk melakukan pembersihan.

Mulailah  memilih area yang paling sering digunakan dan lanjutkan ke area lainnya secara bertahap. Setelah itu, membersihkan area yang sering diabaikan, seperti di bawah furnitur dan di belakang pintu.

Penting diingat, untuk tidak terlalu keras pada diri sendiri. Jika tidak memiliki waktu membersihkan seluruh ruangan, fokuslah pada hal-hal terpenting. 

Baca juga: 7 Tugas Membersihkan Rumah yang Dapat Dikerjakan Cepat

Berinvestasi pada alat pembersih

Selanjutnya, trik efektif membersihkan rumah pada tengah minggu adalah berinvestasi pada alat pembersih.

Dengan berinvestasi pada alat pembersih yang tepat, Anda dapat menghemat banyak waktu dan tenaga. Namun, penting memilih alat pembersih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika memiliki banyak anggaran untuk memulai investasi dengan barang canggih, vacuum cleaner robot menjadi pilihan sangat tepat.

Vacuum cleaner robot dapat membersihkan lantai secara otomatis sehingga Anda tidak perlu melakukannya sendiri di rumah.

Selain itu, Anda dapat memilih pel lantai elektrik karena bisa membersihkan lantai dengan cepat dan mudah tanpa perlu menyekanya. 

Baca juga: 5 Tugas Membersihkan Rumah yang Harus Dilakukan Setiap Hari 

Ajak anggota keluarga ikut membantu

Jika tinggal bersama anggota keluarga, menyertakan mereka dalam pembersihan merupakan salah satu trik membersihkan rumah paling penting.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com