Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal yang Perlu Dilakukan Penghuni Rumah Menjelang Musim Hujan

Kompas.com - 15/10/2023, 10:30 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim hujan di Indonesia terjadi pada awal September hingga akhir Maret. Namun, perubahan iklim dan cuaca ekstrem membuat musim hujan belum juga terjadi atau turun hingga Oktober ini.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperdiksi Indonesia akan memasuki musim penghujan pada Oktober 2023. Pergantian musim ini dikabarkan akan berjalan secara perlahan dan acak diseluruh daerah Indonesia. 

Baca juga: Ide Renovasi Skala Kecil yang Membuat Rumah Terasa Berbeda

Menjelang musim hujan ini, ada sejumlah persiapan yang harus dilakukan penghuni rumah guna mengantisipasi dampak buruk, salah satunya mengecek dan melindungi kondisi hunian.

Setelah diterpa suhu panas dan kering kurang lebih selama sembilan bulan, ada beberapa komponen bangunan yang mengalami penurunan kualitas, bahkan kerusakan. 

Menurut Fredy Yanto, Co-founder dan CPO Gravel—perusahaan teknologi yang bergerak di bidang jasa konstruksi—mengatakan sangat penting memeriksa dan memastikan setiap komponen rumah berada dalam kondisi optimal sebelum terlambat.

"Kerusakan yang baru terungkap selama musim hujan dapat berakibat fatal dan cenderung lebih sulit diperbaiki," ujar Fredy dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu (15/10/2023). 

Lantas, hal apa saja yang perlu dipersiapkan rumah menjelang musim hujan?

Gravel membagikan sejumlah hal yang perlu dilakukan penghuni rumah menjelang musim hujan.  

Baca juga: 6 Jenis Pencahayaan yang Dibutuhkan Rumah, Apa Saja?

Periksa talang air, pipa pembuangan, dan saluran got

ilustrasi membersihkan talang air, ilustrasi talang air.Shutterstock/Virrage Images ilustrasi membersihkan talang air, ilustrasi talang air.
Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memeriksa kondisi sistem pembuangan air. Pastikan tidak ada sumbatan pada talang air, pipa pembuangan, dan saluran got.

Bersihkan daun kering atau sampah yang kadang tersangkut di saluran. Air yang tidak bisa mengalir dengan baik dapat menyebabkan genangan air di sekitar rumah.

Cek fisik pipa apakah ada keretakan, pecah, atau kerusakan lain yang berpotensi kebocoran. Jika ditemukan masalah tersebut, segera mengganti pipa.  

Baca juga: Penyakit Tanaman Cabai Saat Musim Hujan dan Cara Mengendalikannya

Periksa dan perbaiki atap rumah

Selanjutnya, hal yang perlu dilakukan penghuni rumah menjelang musim hujan adalah memeriksa dan memperbaikan atap rumah.

Atap rumah harus dalam kondisi baik. Musim kemarau dapat menyebabkan kerusakan pada atap rumah atau membuatnya bergeser.

Periksa juga karpet genteng dan plafon untuk melihat apakah ada tanda-tanda kebocoran yang mengindikasikan atap rusak. 

Pangkas tanaman besar

Memangkas tanaman menggunakan gunting tamanShutterstock/Serhii Bobyk Memangkas tanaman menggunakan gunting taman
Jika sekitar hunian memiliki pohon berukuran sedang dan besar, ini juga dapat berisiko tumbang saat angin kencang terjadi ketika turun hujan. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com