Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahaya Munculnya Jamur di Rumah dan Cara Membasminya

Kompas.com - 11/10/2023, 07:18 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jamur adalah masalah umum dan terus-menerus yang dapat mempengaruhi rumah selama musim hujan.

Jamur tumbuh subur di lingkungan lembap dan gelap. Pada saat yang sama, hal ini menimbulkan risiko kesehatan bagi mereka yang ada di rumah serta menyebabkan potensi kerusakan pada properti.

Untuk melindungi rumah dan keluarga dari masalah jamur, Anda perlu memahami apa itu jamur, kondisi yang mendorong pertumbuhannya, dan bagaimana cara membasmi jamur dari rumah. 

Baca juga: Cara Membersihkan Jamur Hitam di Mesin Cuci dengan Mudah

Apa itu jamur?

Ilustrasi jamur hitam di kamar mandi.Shutterstock/Stanislaw Mikulski Ilustrasi jamur hitam di kamar mandi.
Jamur adalah sejenis fungi yang berkembang biak melalui spora kecil dan melepaskan spora itu ke udara. Begitu mendarat di permukaan lembap, jamur dapat berkembang biak dan menimbulkan malapetaka di rumah. 

Ukurannya yang sangat kecil membuat jamur tidak terlihat dengan mata telanjang. Namun, ketika berkumpul bersama (dengan kecepatan tinggi), ukuran kolektifnya dapat membuat Anda berpikir bagaimana mereka menghabiskan ruang dalam semalam.

Jamur dapat tumbuh di berbagai permukaan di rumah, seperti dinding, plafon, karpet, dan furnitur. Jamur tumbuh dan mengotori permukaan tersebut, yang lama-kelamaan rapuh dan merusak properti. 

Baca juga: Cara Membersihkan dan Mencegah Jamur di Rumah dengan Minyak Esensial

Kondisi yang mendorong pertumbuhan jamur

Jamur membutuhkan kondisi khusus untuk tumbuh dan berkembang. Faktor utama yang mendorong jamur tumbuh adalah kelembapan, kehangatan, kegelapan, dan bahan organik yang tersedia, yang dapat digunakan untuk makanan.

Tingkat kelembapan tinggi dan kebocoran air adalah pemicu umum pembentukan jamur di rumah. Musim hujan secara signifikan berkontribusi pada pembentukan jamur karena tingkat kelembapan yang meningkat dan air hujan yang merembes ke dalam rumah.  

Selama musim hujan, udara mengandung lebih banyak uap air dari biasanya yang menyebabkan tingkat kelembapan lebih tinggi di dalam ruangan.

Kelembapan berlebih di udara menciptakan lingkungan ideal bagi jamur untuk tumbuh dan menyebar. Air hujan dapat masuk ke rumah melalui kebocoran pada atap, jendela yang tidak tertutup rapat, dan dinding retak.

Ketika air terakumulasi di area tersembunyi atau di dalam dinding, air akan menciptakan lingkungan lembap yang mendorong pertumbuhan jamur dari waktu ke waktu.

Baca juga: Cara Membersihkan Mesin Cuci agar Bebas Jamur dan Kuman

Risiko kesehatan dari paparan jamur

Ilustrasi jamur hitam di sudut ruangan.Shutterstock/Cegli Ilustrasi jamur hitam di sudut ruangan.
Paparan jamur dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, terutama bagi individu yang memiliki alergi atau masalah pernapasan.

Batuk, hidung tersumbat, iritasi tenggorokan, mengi, dan ruam kulit adalah tanda-tanda khas paparan jamur. Paparan jamur dalam waktu lama juga dapat menyebabkan masalah pernapasan yang parah.

Baca juga: 5 Tanaman yang Membersihkan Udara dan Hilangkan Jamur di Kamar Mandi

Cara membasmi jamur dari rumah 

Lantaran memiliki sejumlah dampak buruk, baik pada kesehatan maupun rumah, penting segera membasmi jamur dari rumah.

Cara membersihkan jamur dari rumah ini bisa menggunakan bahan alami, kimia, maupun jasa profesional. Berikut cara membasmi jamur dari rumah dikutip dari Real Living, Rabu (11/10/2023). 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com