Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Menata Lorong di Lantai Atas agar Tampak Menarik dan Fungsional

Kompas.com - 10/10/2023, 21:17 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lorong di lantai atas sering kali menjadi ruang yang terlupakan di rumah. Ruang ini biasanya digunakan sekadar menjadi jalan penghubung antarruangan dan tidak memiliki fungsi apa pun.

Lorong di lantai atas biasanya memiliki ukuran terbatas sehingga banyak orang tidak memanfaatkannya. Namun, dengan beberapa trik, dapat mengubah lorong lantai atas menjadi ruang fugsional dan menarik.

Dilansir dari Living Etc, Selasa (10/10/2023), berikut enam cara menata lorong di lantai atas agar tampak menarik dan fungsional. 

Baca juga: 5 Pilihan Warna untuk Lorong Rumah 

Hiasi dengan karya seni dan foto

Ilustrasi area lorong rumahShutterstock/Mircea Moira Ilustrasi area lorong rumah
Anda dapat mengubah lorong di lantai atas menjadi area indah dan lebih menarik secara visual dengan menambahkan karya seni dan foto.

Pilih karya seni yang sesuai dengan gaya desain rumah atau memiliki makna pribadi bagi Anda serta membantu menciptakan suasana di lorong lantai atas.

Tambahkan tempat duduk

Lorong atas sering kali menjadi ruang yang tidak memiliki tempat duduk. Ada bis berinisiatif menambahkan tempat duduk guna mengubahnya menjadi area yang lebih nyaman dan fungsional.

Tempat duduk dapat memberikan tempat untuk bersantai dan melepas lelah setelah seharian beraktivitas sehingga dapat menambah fungsi ke lorong lantai atas. 

Baca juga: 5 Ide Mendekorasi Lorong Rumah yang Cantik dan Menakjubkan

Membuat sudut baca

Selanjutnya, cara menata lorong di lantai atas.adalah membuat sudut baca yang nyaman dan indah.

Sudut baca dapat menjadi tempat bekerja di rumah atau mengerjakan proyek kreatif. Selain itu, sudut baca dapat meningkatkan estetika lorong di lantai atas.

Anda dapat memilih furnitur dan dekorasi yang sesuai dengan gaya desain rumah. 

Buat ruang penyimpanan

Ilustrasi lorong rumah. SHUTTERSTOCK/JANTSARIK Ilustrasi lorong rumah.
Lorong lantai atas adalah tempat sempurna untuk menyimpan barang-barang yang tidak digunakan setiap hari.

Gunakan lemari built-in, rak terbuka, bahkan kotak penyimpanan yang dicat atau dihias unuk menciptakan ruang penyimpanan yang estetis. 

Baca juga: 6 Tips Merapikan dan Menjaga Area Lorong Tetap Teratur 

Perawatan dinding

Perawatan dinding adalah cara bagus menambahkan kesan lebih menarik secara visual. Banyak pilihan untuk melakukan perawatan dinding, termasuk cat, wallpaper, panel, dan batu bata yang sesuai dengan gaya desain rumaha atau memiliki makna pribadi bagi Anda.

Anda dapat menggunakan perawatan dinding bertekstur untuk menciptakan dinding yang menarik dilihat atau dmenggunakan perawatan dinding yang tahan lama untuk menciptakan dinding yang dapat berfungsi sebagai area penyimpanan. 

Baca juga: 7 Warna Netral yang Membuat Ruangan Kecil Terasa Lebih Besar

Tambahkan meja konsol

Terakhir, cara menata lorong di lantai atas adalah menambahkan meja konsol. Meja konsol dapat digunakan untuk menyimpan barang-barang, seperti kunci, dompet, atau barang-barang dekorasi sehingga dapat mengubah lorong menjadi area yang lebih fungsional.

Meja konsol yang ramping dapat membantu membuat ruangan tampak lebih besar. Namun, penting tetap mempertimbangkan ukuran dan bentuk lorong di lantai atas. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com