Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Besar Ukuran Dehumidifier yang Dibutuhkan Ruangan?

Kompas.com - 25/09/2023, 10:15 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dari kamar mandi yang berventilasi buruk, jendela rusak, dan insulasi di bawah standar, ada begitu banyak alasan mengapa rumah mengalami kelembapan tinggi.

Dehumidifiers adalah solusi bagus untuk mengatasi kelembapan di rumah. Namun, karena dehumidifier yang besar dengan berbagai ukuran, sulit menentukan seberapa besar dehumidifier yang Anda butuhkan untuk rumah Anda. 

Baca juga: Gampang, Ini Cara Membersihkan Dehumidifier

Dehumidifier terbaik di pasaran dirancang untuk menghilangkan kelembapan dari udara di rumah sehingga mengurangi timbulnya jamur dan lumut serta dinding yang lembap dan bau apak.

Selain itu, dehumidifier juga dapat membantu mengeringkan cucian Anda dalam waktu singkat, tetapi tidak diragukan lagi bahwa pasar sudah jenuh dengan dehumidifier. 

Seberapa besar ukuran dehumidifier yang dibutuhkan ruangan? 

Seberapa ukuran dehumidifier tergantung pada area masalah Anda dan seberapa besar area tersebut. Dilansir dari Ideal Home, Senin (25/9/2023), berikut ukuran dehumidifier berdasarkan ruangan. 

Baca juga: Humidifier Vs Dehumidifier, Apa Saja Perbedaan dan Cara Memakainya?

  • Ruangan kecil

Ilustrasi dehumidifier di dalam ruangan. SHUTTERSTOCK/TOMISLAV PINTER Ilustrasi dehumidifier di dalam ruangan.
Tidak jarang ruangan yang lebih kecil, seperti dapur atau kamar mandi, mengalami masalah kelembapan paling parah. Ruangan-ruangan ini biasanya memompa kelembapan berlebih ke udara saat Anda mandi atau memasak.

Jika ingin menghentikan jamur berkembang, dehumidifier dengan tingkat ekstraksi sekitar 10-14 liter per hari cocok untuk ruangan, seperti ini selama ruangan Anda di bawah 37 meter persegi.

Namun, apa maksud dari 14 liter ini?

Chris Michael dari Meaco mengungkapkan, ketika memilih dehumidifier dengan ukuran tepat untuk rumah Anda, jumlah air yang dapat diekstraksi dehumidifier adalah angka penting, bukan kapasitas tangki air. 

Baca juga: 7 Penyebab Dehumidifier Tidak Berfungsi, dari Filter sampai Kondensor

  • Ruangan berukuran sedang

Jika memiliki ruangan dengan luas antara 37-74 meter persegi, seperti ruang tamu atau kamar tidur, Anda membutuhkan ukuran dehumidifier yang sedikit lebih besar.

Andhi Ermawan, pakar teknologi dari My Pros and Cons, mengatakan ini adalah panduan kasar dan faktor lain, seperti kelembapan relatif, jumlah penghuni, dan masalah kelembapan tertentu mungkin memerlukan penyesuaian.

Namun, ukuran dehumidifier yang mengeluarkan sekitar 20-25 liter per hari sudah cukup. 

Baca juga: Apa Itu Dehumidifier dan Manfaatnya Saat Cuaca Panas?

 

  • Seluruh rumah

Dalam kasus yang jarang terjadi, masalah kelembapan dan kondensasi tidak terbatas pada satu atau dua ruangan di dalam rumah.

Penting menghilangkan kelembapan sesegera mungkin, tapi ini bisa jadi sulit jika Anda harus menangani seluruh rumah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com