Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Seberapa Besar Ukuran Dehumidifier yang Dibutuhkan Ruangan?

Dehumidifiers adalah solusi bagus untuk mengatasi kelembapan di rumah. Namun, karena dehumidifier yang besar dengan berbagai ukuran, sulit menentukan seberapa besar dehumidifier yang Anda butuhkan untuk rumah Anda. 

Dehumidifier terbaik di pasaran dirancang untuk menghilangkan kelembapan dari udara di rumah sehingga mengurangi timbulnya jamur dan lumut serta dinding yang lembap dan bau apak.

Selain itu, dehumidifier juga dapat membantu mengeringkan cucian Anda dalam waktu singkat, tetapi tidak diragukan lagi bahwa pasar sudah jenuh dengan dehumidifier. 

Seberapa besar ukuran dehumidifier yang dibutuhkan ruangan? 

Seberapa ukuran dehumidifier tergantung pada area masalah Anda dan seberapa besar area tersebut. Dilansir dari Ideal Home, Senin (25/9/2023), berikut ukuran dehumidifier berdasarkan ruangan. 

Jika ingin menghentikan jamur berkembang, dehumidifier dengan tingkat ekstraksi sekitar 10-14 liter per hari cocok untuk ruangan, seperti ini selama ruangan Anda di bawah 37 meter persegi.

Namun, apa maksud dari 14 liter ini?

Chris Michael dari Meaco mengungkapkan, ketika memilih dehumidifier dengan ukuran tepat untuk rumah Anda, jumlah air yang dapat diekstraksi dehumidifier adalah angka penting, bukan kapasitas tangki air. 

  • Ruangan berukuran sedang

Jika memiliki ruangan dengan luas antara 37-74 meter persegi, seperti ruang tamu atau kamar tidur, Anda membutuhkan ukuran dehumidifier yang sedikit lebih besar.

Andhi Ermawan, pakar teknologi dari My Pros and Cons, mengatakan ini adalah panduan kasar dan faktor lain, seperti kelembapan relatif, jumlah penghuni, dan masalah kelembapan tertentu mungkin memerlukan penyesuaian.

Namun, ukuran dehumidifier yang mengeluarkan sekitar 20-25 liter per hari sudah cukup. 

  • Seluruh rumah

Dalam kasus yang jarang terjadi, masalah kelembapan dan kondensasi tidak terbatas pada satu atau dua ruangan di dalam rumah.

Penting menghilangkan kelembapan sesegera mungkin, tapi ini bisa jadi sulit jika Anda harus menangani seluruh rumah.

Meski dapat membeli dehumidifier terpisah untuk setiap ruangan, Anda juga dapat berinvestasi pada dehumidifier untuk seluruh rumah. Dehumidifier ini biasanya memiliki tingkat ekstraksi harian sekitar 40 liter, tapi bisa jadi berisik.

Katie Holland, Manajer Pemasaran Russell Hobbs, produseb dehumidifier, mengatakan penting juga mempertimbangkan tingkat kebisingan dehumidifier, terutama jika Anda berencana menggunakannya di ruang keluarga. 

Walau semua dehumidifier menghasilkan tingkat kebisingan tertentu, banyak model yang memiliki motor dengan tingkat kebisingan rendah untuk memastikan gangguan minimal saat digunakan. 

Namun, berapa biaya dehumidifier sangat tergantung pada ukuran alat, seberapa sering Anda menggunakannya, dan efisiensi alat itu sendiri.

Rata-rata, dehumidifier 12 liter dengan watt 157 warr akan dikenakan biaya kurang dari 5p per jam. 

Seberapa besar dehumidifier yang harus dibeli?

Chris dari Meaco mengatakan ada banyak faktor lain yang perlu dipertimbangkan saat memilih ukuran dehumidifier, seperti jumlah orang yang tinggal di rumah, cara Anda mengeringkan cucian, dan apakah  memiliki hewan peliharaan.

Namun, cara terbaik mengetahui seberapa besar dehumidifier yang dibutuhkan adalah memeriksa kelembapan di rumah Anda.

Dengan mengukur kelembapan ruangan demi ruangan, Anda dapat menentukan apakah memiliki masalah kondensasi kecil yang dapat diatasi dengan membuka jendela atau masalah lebih besar yang membutuhkan bantuan dehumidifier.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/09/25/101500376/seberapa-besar-ukuran-dehumidifier-yang-dibutuhkan-ruangan-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke