Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/10/2023, 12:50 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.comMesin cuci bukaan atas mudah digunakan, sehingga banyak disukai. Selain itu, kapasitas mesin cuci bukaan atas juga cukup besar, sehingga efisien untuk mencuci pakaian dalam jumlah banyak.

Meski demikian, mesin cuci ini juga memiliki masalah yang sering dijumpai. Salah satunya yaitu mesin cuci beraroma tak sedap.

Bau tersebut akan tercium saat Anda membuka mesin cuci tersebut. Umumnya, aroma tak sedap muncul akibat pertumbuhan bakteri.

Baca juga: 5 Penyebab Mesin Cuci Bau dan Cara Mengatasinya

Penumpukan bakteri disebabkan oleh residu detergen, tidak ada ventilasi, jarang dibersihkan, saluran tersumbat, suhu pencucian yang terlalu rendah, hingga penggunaan air kotor.

Dilansir dari Home Decor Bliss, Senin (9/10/2023), berikut ini beberapa penyebab mesin cuci bukaan atas bau.

Residu detergen

Ilustrasi mesin cuci bukaan atas.SHUTTERSTOCK/FAIZZAMAL Ilustrasi mesin cuci bukaan atas.

Bakteri merupakan penyebab umum aroma tak sedap pada mesin cuci. Ada kemungkinan bakteri tersebut menumpuk akibat adanya residu detergen yang tidak terbilas sempurna.

Seiring dengan bertambahnya waktu, pelembut kain dan detergen di mesin cuci akan mengakibatkan buih sabun. Residu tersebut menjadi tempat ideal untuk pertumbuhan jamur dan bakteri.

Selain itu, penggunaan detergen berlebihan bisa membuat mesin cuci bukaan atas berbau tak sedap.

Baca juga: Cara Membersihkan Mesin Cuci Bau, Pakai Cuka

Maka dari itu, selalu gunakan detergen secukupnya agar tidak terjadi penumpukan residu yang menjadi tempat pertumbuhan bakteri.

Tidak ada ventilasi

Selain residu detergen, ventilasi yang tidak baik juga bisa membuat aroma tak sedap pada mesin cuci. Ventilasi yang tidak lancar menyebabkan mesin cuci terlalu lembap.

Akibatnya, kamur lebih cepat tumbuh dan menyebabkan aroma tak sedap. Maka dari itu, setelah selesai mencuci, segera keluarkan pakaian dari dalam mesin cuci dan biarkan tutupnya terbuka agar mesin cuci tidak terlalu lembap.

Jarang dibersihkan

Perawatan yang tidak baik juga menjadi salah satu penyebab mesin cuci bukaan atas bau. Seiring bertambahnya masa pakai alat elektronik ini, maka akan terjadi penumpukan kotoran dari detergen, kotoran, debu, dan lain sebagainya.

Baca juga: Mesin Cuci Bau Apek? Begini Cara Membersihkannya

Maka dari itu, mesin cuci perlu rutin dibersihkan agar tidak menyebabkan aroma tak sedap akibat tumpukan kotoran.

Saluran pembuangan tersumbat

Mesin cuci bukaan atas memiliki saluran pembuangan di bagian bawah. Bagian ini perlu rutin dicek, sebab tak menutup kemungkinan terjadi penyumbatan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com