Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Membersihkan dan Menghilangkan Bau pada Kasur

Kompas.com - 04/10/2023, 09:44 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring berjalannya waktu dan penggunaan, kasur akan mengalami berbagai masalah, seperti terkena noda dan bau tak sedap.  

Maka itu, penting membersihkan kasur secara teratur. Ada beberapa aturan yang harus diikuti saat mencuci tempat tidur. Misalnya, seprai harus dicuci seminggu sekali, alas kasur sebulan sekali, dan bantal setiap enam bulan sekali. 

Baca juga: 8 Cara Merawat Kasur agar Tahan Lama, Apa Saja?

Lantas, bagaimana dengan cara membersihkan kasur? Meski tidak bersentuhan langsung dengan kulit, seiring berjalannya waktu, kasur masih dapat mengumpulkan penumpukan sel kulit mati, debu, keringat kering, dan alergen lainnya.

Karena itu, membersihkan kasur perlu dilakukan setiap enam bulan sekali, sama dengan bantal Anda.

Pembersihan dan perawatan tepat tidak hanya memastikan tempat tidur lebih nyaman, tetapi juga memperpanjang umur kasur.

Dikutip dari Taste of Home, Rabu (4/10/2023), berikut cara membersihkan kasur dengan beberapa langkah mudah.  

Baca juga: Berapa Lama Kasur Busa Memori Dapat Bertahan?

Alat dan bahan 

  • Penyedot debu dengan pelapis kain pelapis.
  • Pembersih enzim atau hidrogen peroksida. 
  • Baking soda.
  • Kain mikrofiber. 

Lepaskan semua perlengkapan tempat tidur

Ilustrasi membersihkan kasur, menghilangkan noda keringat di kasur. SHUTTERSTOCK/MDBILDES Ilustrasi membersihkan kasur, menghilangkan noda keringat di kasur.
Lepaskan semua perlengkapan tempat tidur, seperti seprai dan alas kasur. Ini juga menjadi waktu tepat untuk mencuci bantal. 

Vakum kasur

Dengan menggunakan alat pelapis, sedot debu di seluruh bagian kasur secara menyeluruh. Penyedot debu atau vacuum cleaner akan menyingkirkan debu, remah-remah, rambut, dan bulu yang menempel pada kasur. 

Baca juga: Ampuh, Ini Cara Menghilangkan Bau Pesing dari Kasur dan Sofa 

Bersihkan noda

Selanjutnya, cara membersihkan kasur adalah menghilangkan noda. Untuk noda yang terlihat di kasur, bersihkan dengan pembersih enzim atau pembersih buatan sendiri menggunakan hidrogen peroksida.

Campurkan 236 mililiter hidrogen peroksida, tiga sendok makan baking soda, dan beberapa tetes sabun cuci piring ke dalam botol semprot.

Kedua opsi ini efektif untuk noda biologis. Semprotkan pembersih ke kain mikrofiber, lalu gosok noda, dan bersihkan kelembapan dengan kain bersih. 

Baca juga: 5 Cara Membuat Kasur Keras Terasa Empuk, Bikin Tidur Nyenyak

Taburkan baking soda

Setelah kasur kering dari pembersihan noda, taburi seluruh permukaannya dengan baking soda. Baking soda adalah pengharum alami dan akan menetralisir bau yang tertinggal pada kasur. 

Setelah itu, biarkan baking soda selama setidaknya 15 menit, tetapi sebaiknya beberapa jam, kemudian sedotlah dengan menggunakan alat pelapis jok.

Cara menghilangkan noda dari kasur

Ilustrasi membersihkan kasur dengan vacuum cleaner, mengeringkan kasur dengan vacuum cleaner. SHUTTERSTOCK/RATCHAT Ilustrasi membersihkan kasur dengan vacuum cleaner, mengeringkan kasur dengan vacuum cleaner.
Seperti disebutkan di atas, pembersih enzim atau hidrogen peroksida adalah pilihan paling efektif untuk noda biologis, seperti air seni, keringat, atau darah.

Untuk noda kotoran pada umumnya, gunakan pembersih noda biasa, bahkan sabun cuci piring dan air. Oleskan penghilang noda pada kain atau sikat, bukan langsung pada kasur.

Anda harus menghindari kasur terlalu basah, terutama jika memiliki kasur busa memori. 

Baca juga: Urutan Cara Membersihkan Kasur agar Bebas Tungau dan Kutu Busuk

Cara menghilangkan bau pada kasur

Selanjutnya, cara membersihkan kasur adalah menghilangkan bau dengan baking soda. Untuk membersihkan kasur, alat pengukus dapat digunakan dengan baik, tetapi periksa petunjuk dari pabriknya terlebih dahulu.

Uap yang mencapai suhu 121 derajat Celsius akan membunuh bakteri dan tungau debu. Uap kasur setelah menyedot debu dan membersihkan noda.

Gunakan sapuan pendek dan cepat agar kasur tidak terlalu basah. Biarkan kasur benar-benar kering sebelum mengganti alas tidur. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com