Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Kutu Kasur di Rumah dengan Mudah

Kompas.com - 19/08/2023, 12:48 WIB
Siti Nur Aeni ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Healthline


JAKARTA, KOMPAS.com - Kutu kasur atau kutu busuk merupakan salah satu hama yang sering ditemukan di rumah, terutama tempat tidur. Hama ini berukuran kecil sekitar 5 milimeter.

Kutu busuk biasanya bersembunyi di tempat yang tidak terjangkau seperti area pojok kasur atau bantal. Hewan kecil ini bisa menghisap darah dan menyebabkan rasa gatal serta bekas merah di bagian tubuh yang digigit.

Kondisi tersebut tentu sangat mengganggu, karena menyebabkan rasa tidak nyaman terutama saat sedang tidur. Maka dari itu, kutu kasur perlu dimusnahkan agar tidak mengganggu waktu istirahat Anda.

Baca juga: Lakukan 4 Hal Ini agar Kutu Kasur Tak Bersarang di Tempat Tidur

Lantas, bagaimana cara menghilangkan kutu kasur? Dilansir Healthline, Sabtu (19/8/2023), berikut penjelasan selengkapnya.

Pencegahan serangan kutu busuk

Langkah awal yang perlu dilakukan yaitu mencegah serangan kutu busuk dengan tepat. Pastikan semua tempat persembunyian kutu busuk seperti karpet, gorden, kasur, dibersihkan terlebih dahulu. Bersihkan juga lantai dan area bawah tempat tidur.

Ilustrasi tungau atau kutu busuk di kasur.SHUTTERSTOCK/GEORGY DZYURA Ilustrasi tungau atau kutu busuk di kasur.

Buang semua kotoran yang ada di tempat tersebut. apabila terdapat dinding yang retak, sebaiknya segera tutup dinding tersebut agar tidak menjadi tempat persembunyian kutu busuk. Selain itu, jauhkan tempat tidur minimal 6 inci dari dinding agar kutu busuk tidak bisa memanjat.

Cek area yang terinfeksi dan bersihkan kutu busuk secara manual

Sebelum memusnahkan kutu busuk, pastikan untuk mengecek semua lokasi yang berpotensi menjadi tempat persembunyian kutu busuk. Biasanya, kutu busuk berada di tempat-tempat sempit seperti sudut kasur, sudut sofa, hingga lipatan gorden.

Baca juga: Cara Mencegah Kutu Kasur

Cek semua tempat tersebut, bila perlu gunakan kaca pembesar dan senter untuk mempermudah menemukan kutu busuk. Apabila menemukan kutu busuk, ambil hewan tersebut dan masukan ke dalam toples atau wadah tertutup.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com