Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Kasur yang Benar agar Bebas dari Kutu Busuk

Kompas.com - 26/06/2023, 10:13 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika ada anggota keluarga yang memiliki alergi atau asma, ada baiknya Anda mulai membersihkan kasur secara rutin. Kasur adalah tempat berkumpulnya keringat dan debu, yang menarik tungau debu atau kutu busuk.

Dikutip dari House Digest, Senin (26/6/2023), kutu busuk adalah serangga yang sangat kecil yang tidak akan menggigit atau membahayakan manusia, tetapi mereka suka memakan sel kulit mati.

Seseorang dapat meninggalkan hingga 500 juta sel kulit setiap hari, menjadikan pakaian, tempat tidur, dan karpet kita tempat yang sempurna untuk serangga ini.

Baca juga: Jangan Buru-buru Dibuang, Ini 8 Cara Kreatif Memanfaatkan Kasur Lama

Ilustrasi membersihkan kasur, membersihkan spring bed. SHUTTERSTOCK/FOTODUETS Ilustrasi membersihkan kasur, membersihkan spring bed.

Meskipun kutu busuk tidak berbahaya, limbahnya dapat menyebabkan reaksi alergi, seperti bersin dan hidung tersumbat, saat terhirup, menurut American Lung Association.

Orang tanpa alergi biasanya tidak terganggu oleh tungau debu, tetapi penderita asma mungkin mengalami serangan karena serangga ini.

Kutu busuk lazim hadir di sebagian besar rumah, tidak peduli seberapa bersihnya. Untuk membasmi kutu busuk, coba sedot kasur dengan vacuum cleaner yang dilengkapi selang dan sikat pelapis.

Cara membersihkan kasur untuk membasmi kutu busuk

Jika kasur memiliki penutup pelindung, Anda tidak perlu terlalu sering menyedot debu, tetapi jika tidak, Anda harus membersihkan kasur setiap sebulan sekali.

Baca juga: Cara Membasmi Kutu Busuk di Kasur dan Mencegahnya Datang Kembali

Saat Anda siap membersihkan kasur, mulailah dengan melepas semua penutup, seprai, dan bantal di tempat tidur, lalu cuci dengan air hangat atau panas. Kemudian, sedot kasur, pastikan untuk masuk ke semua celah kecil.

Menggunakan vacuum cleaner dengan filter HEPA (udara partikulat efisiensi tinggi) akan menyedot dan menjebak kutu busuk, bukan hanya memindahkannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com