Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap dari Sofa, Dijamin Berhasil

Kompas.com - 29/09/2023, 11:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah bertahun-tahun digunakan, sofa dapat secara perlahan mengembangkan bau tidak sedap, terlebih jika terkena noda tumpahan, baik itu dari makanan maupun minuman. 

Namun, tidak perlu khawatir, masalah ini mudah diatasi. Dengan bertindak cepat, sofa yang berbau dapat kembali harum serta bebas noda.   

Baca juga: Sofa Kulit Vs Kain, Ini 3 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Membeli

Membersihkan sofa yang berbau juga hanya membutuhkan bahan-bahan sederhana yang mudah ditemukan di rumah, bahkan beberapa tanpa biaya. 

Nah, untuk membantu Anda, berikut cara menghilangkan bau tak sedap dari sofa dikutip dari The Spruce, Jumat (29/9/2023).

Baking soda

Ilustrasi baking soda dan cuka. Kedua bumbu dapur ini banyak digunakan sebagai produk pembersih alami. SHUTTERSTOCK/JPC-PROD Ilustrasi baking soda dan cuka. Kedua bumbu dapur ini banyak digunakan sebagai produk pembersih alami.
Baking soda dikenal sebagai bahan pembersih yang ampun menghilangkan berbagai bau, termasuk pada sofa.

Taburkan baking soda secara merata di seluruh sofa, beri perhatian ekstra pada bagian yang sering ditumpahkan atau diduduki hewan peliharaan, diamkan semalaman, lalu sedot semuanya keesokan paginya.

Baking soda akan menyerap bau dan membuat sofa kembali beraroma lebih segar.  

Baca juga: Ingin Memilih Warna Sofa? Pertimbangkan 4 Hal Ini

Jemur di bawah sinar matahari

Jika sofa cukup kecil untuk dipindahkan ke luar ruangan atau baunya hanya terbatas pada bantal yang bisa dilepas, cobalah membawanya keluar rumah untuk dijemur di bawah sinar matahari.

Sinar matahari dan udara segar dapat membunuh bau dengan sedikit usaha. Anda bahkan dapat menggabungkan metode penghilang bau dengan membiarkan sofa berada di bawah sinar matahari setelah menaburkan baking soda di atasnya.

Bagaimanapun juga jangan biarkan sofa berada di bawah hujan atau udara yang dipenuhi asap. 

Baca juga: Sofa Dapat Meningkatkan Nilai Jual Rumah, Bagaimana Caranya?

Bersihkan dengan pembersih uap

Selanjutnya, cara menghilangkan bau tak sedap dari sofa adalah menggunakan pembersih uap. Pembersih uap karpet portabel akan bekerja baik pada pelapis sofa, seperti halnya steamer pakaian klasik.

Gerakkan pembersih uap secara perlahan di atas sofa dengan tekanan merata. Anda perlu memberikan sofa beberapa kali sentuhan dengan pembersih uap untuk menghilangkan bau dan noda. Pastikan tidak merendam sofa karena dapat meninggalkan noda air.  

Baca juga: 4 Cara Menata Sofa Hijau di Ruang Keluarga agar Tampak Menarik

Cuci sarung bantal sofa 

Ilustrasi bantal sofa. SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO Ilustrasi bantal sofa.
Buka ritsleting sarung sofa, lalu masukkan ke mesin cuci dengan detergen lembut dan 118 mililiter cuka. Cuka dapat melawan bau, sementara detergen membersihkan noda. 

Jalankan mesin cuci pada siklus alus atau lembut sehingga ritsleting tidak akan rusak dalam siklus putaran yang berat.

Jangan mengeringkan sarung sofa dengan mesin pengering-panas yang tinggi karena bisa menyusutkan sarung sofa sehingga tidak dapat digunakan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com