Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Ubi Jalar di Karung Bekas, Bisa Dilakukan di Rumah

Kompas.com - 27/09/2023, 20:10 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.comUbi jalar adalah salah satu tanaman pangan yang bisa ditanam di rumah. Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk menanam ubi jalar di rumah tidak sulit.

Bahkan, Anda bisa menanam tanaman pangan ini di dalam karung bekas. Selain menghemat ruang, menanam ubi jalar dalam karung juga bisa mempermudah perawatan.

Lantas, bagaimana cara menanam ubi jalar di karung bekas? Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Rabu (27/9/2023), berikut penjelasan selengkapnya.

Baca juga: Cara Menanam Ubi Jalar di Pot, Bisa Diletakkan di Halaman Rumah

Persiapan bibit

Bibit ubi jalar bisa didapatkan dari umbi yang sudah tua dan sehat. Umbi yang masuk dalam kriteria kemudian dipotong menjadi dua bagian.

Selanjutnya, tusuk bagian dalam potongan umbi menggunakan tusuk gigi sebagai penyangga. Siapkan gelas yang tinggi, namun memiliki penampang yang sempit.

Isi gelas dengan air dan masukkan umbi yang sudah dipasang penyangga ke dalam gelas tersebut. Pastikan setengah bagian terendam air dan diamkan selama beberapa hari sampai umbi mengeluarkan akar dan tunas.

Ilustrasi menanam ubi jalarSHUTTERSTOCK/SURADECH123YIM Ilustrasi menanam ubi jalar

Setelah berakar dan bertunas, ambil potongan umbi tersebut. Potong umbi menjadi beberapa bagian dan pastikan setiap bagian memiliki akar dan tunas.

Baca juga: Cara Menanam Ubi di Air, Mudah dan Tidak Butuh Lahan Luas

Penanaman

Langkah selanjutnya yaitu menyiapkan media tanam dari campuran tanah dan pupuk (perbandingan 2:1). Setelah itu, masukkan media tanam dalam karung bekas sampai terisi penuh.

Buat lubang di bagian tengah media tanam dan masukkan bibit ubi jalar ke dalam lubang tanam. Tutup akar umbi dengan tanah agar pertumbuhannya maksimal.

Perlu diperhatikan bahwa dalam satu karung sebaiknya ditanami satu bibit saja, agar pertumbuhan dan produktivitasnya maksimal.

Perawatan tanaman

Tanaman ubi jalar perlu rutin disiram setidaknya 2 kali sehari pada pagi dan sore hari. Namun, saat musim hujan penyiraman sebaiknya dihentikan.

Baca juga: Cara Menanam Kentang di Rumah dengan Mudah dan Cepat Tumbuh

Lakukan juga pemupukan untuk menambah unsur hara yang dibutuhkan tanaman. Pemupukan bisa dilakukan menggunakan pupuk kandang setiap 2 minggu sekali.

Panen

Apabila dirawat dengan baik, ubi jalar bisa dipanen saat berumur 4 hingga 5 bulan. Caranya cukup dengan membongkar tanaman dan ambil ubinya. Bersihkan ubi dari tanah dan simpan di tempat bersih.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com