Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Kentang di Rumah dengan Mudah dan Cepat Tumbuh

Kompas.com - 17/09/2023, 15:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kentang merupakan salah satu sayuran yang bisa ditanam di rumah. Tanaman ini biasanya tumbuh di dataran tinggi.

Akan tetapi, kentang ternyata bisa ditanam di rumah dengan cukup mudah. Menanam kentang di rumah bisa membantu menyediakan bahan makanan di rumah.

Selain itu, menanam kentang juga menjadi salah satu kegiatan menyenangkan di rumah. Dikutip dari situs Universitas Medan Area, Minggu (17/9/2023), berikut ini cara menanam kentang di rumah dengan mudah.

Baca juga: Cara Menanam Kentang di Polybag, Cocok untuk Lahan Terbatas

Alat dan bahan yang dibutuhkan

  • Bibit kentang yang berkualitas baik.
  • Empat tusuk gigi untuk menancapkan kentang.
  • Gelas transparan untuk menanam kentang
  • Pot
  • Tanah

Ilustrasi bibit kentang bertunasPIXABAY/????? ????? Ilustrasi bibit kentang bertunas

Pilih bibit kentang yang sehat

Pertama-tama, Anda perlu memilih bibit kentang yang sudah memiliki beberapa tunas yang tumbuh. Anda dapat membeli kentang ini di supermarket atau pasar.

Namun lebih baik membelinya dari penangkar bibit kentang. Biarkan kentang selama beberapa minggu hingga tunasnya mulai tumbuh.

Tancapkan tusuk gigi

Selanjutnya, ambil kentang yang sudah memiliki tunas dan tusuk dengan empat tusuk gigi. Tancapkan tusuk gigi sekitar dua pertiga bagian atas kentang.

Baca juga: Cara Menanam Kentang di Pot, Hemat Tempat dan Bisa di Mana Saja

Tujuannya agar kentang tetap stabil ketika diletakan di dalam gelas. Bagian atas kentang, yang memiliki tunas jangan sampai terkena air.

Isi gelas dengan air

Isi gelas transparan dengan air, lalu letakkan kentang di tengah gelas. Tusuk gigi berfungsi sebagai penahan agar kentang tidak tenggelam sepenuhnya.

Setelah itu, letakkan gelas di tempat yang memiliki banyak sinar matahari.Hal ini sangat penting karena sinar matahari adalah sumber energi utama bagi pertumbuhan kentang.

Beberapa minggu kemudian, tunas baru mulai tumbuh terutama di bagian bawah kentang. Dengan menggunakan gelas transparan, Anda dapat dengan jelas melihat proses pertumbuhan ini.

Pindahkan ke pot

Ketika tunas-tunas baru telah tumbuh cukup besar, saatnya untuk memindahkan kentang ke dalam pot yang sudah terisi tanah. Lakukan dengan hati-hati agar tunas-tunas yang telah tumbuh tidak rusak.

Baca juga: Mudah, Begini Cara Menanam Kentang di Air

Buat lubang tanam dan masukan bibit kentang tersebut, kemudian letakkan pot di area yang banyak mendapatkan sinar matahari. Jangan lupa untuk menyiram tanaman secara teratur, terutama saat tanah mulai kering.

Itulah tata cara menanam kentang di rumah yang bisa dilakukan dengan mudah. Agar tanaman tumbuh dengan baik, jangan lupa untuk melakukan perawatan dengan rutin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com